Minggu, 19 Jan 2020
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Pemkot Luncurkan Inovasi e-Musrenbang

15 Januari 2020, 06: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

Wali Kota Ika Puspitasari meresmikan e-Musrenbang besutan Bappeko di Hall Graha Mojokerto Service City (GMSC) Selasa (14/1). (fendihermansyah/radarmojokerto.id)

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto - Perencanaan pembangunan di Kota Mojokerto bakal semakin transparan dan akuntabel. Menyusul, segera digunakannya aplikasi e-Musrenbang (elektronik musyawarah perencanaan pembangunan) guna meminimalisir tumpang tindih program. Aplikasi e-Musrenbang itu diresmikan Wali Kota Ika Puspita Sari alias Ning Ita disaksikan jajaran forkompimda di Hall Graha Mojokerto Service City (GMSC) Selasa (14/1).

Turut hadir dalam acara tersebut, jajaran perangkat daerah Kota Mojokerto. Juga, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan para jajaran pimpinan DPRD Kota Mojokerto.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) mengatakan tujuan peresmian ini untuk mengenalkan aplikasi e-Musrenbang kepala perangkat daerah, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan di Kota Mojokerto. Penerapannya merupakan pertama kali dilakukan dalam proses perencanaan pembangunan.

’’E-Musrenbang merupakan aplikasi berbasis website yang digunakan menampung usulan masyarakat baik yang melalui pra musrenbang kelurahan maupun melalui pokok-pokok pikiran DPRD,’’ kata dia. Agung menjelaskan, usulan yang masuk melalui pra musrenbang kelurahan selanjutnya akan diverifikasi dan dibahas pada saat musrenbang kelurahan, kecamatan, dan tingkat kota. Sedangkan, usulan melalui pokok-pokok pikiran DPRD akan diverifikasi oleh Bappeda dan OPD terkait.

Sehingga, masih kata Agung, nantinya didapatkan usulan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Sesuai dengan skala prioritas yang tertuang dalam RPJMD Kota Mojokerto tahun 2018-2023 serta arah kebijakan tahunan. ’’Diharapkan ada peningkatan peran serta masyarakat dalam pembangunan dan menciptakan proses perencanaan pembangunan yang transparan dan akuntabel,’’ bebernya.

Wali Kota Ning Ita menyatakan, peresmian e-Musrenbang ini sejalan dengan era revolusi industri 4.0 yang mana ditandai persaingan tajam dikarenakan arus komunikasi yang semakin terbuka. Untuk itu, diperlukan pelaksanaan pembangunan yang inovatif, kreatif, cepat sejalan dengan Perpres 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

’’Lewat e-Musrenbang ini dapat membantu pemerintah, masyarakat dan semua stakeholder untuk partisipasi dalam proses perencanaan pembangunan. Baik lewat pra musrenbang kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota maupun pokok-pokok pikiran DPRD,’’ terang Ning Ita.

Dia menambahkan, fokus e-Musrenbang ini meminimalisir tumpang tindih (overlapping) program kegiatan pemerintah. Sehingga, program yang ada sejalan dengan RPJMD dan RKPD. ’’Jadi semua kita jadwalkan. Program masuk lewat musrenbang kelurahan. Ada jangka waktunya. Kalau sudah habis, maka akan terkunci,’’ tambahnya.

Wali kota juga mengharapkan, penggunaan aplikasi e-Musrenbang yang baru pertama kali ini dalam proses perencanaan pembangunan akan berjalan baik. Sehingga dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat sesuai skala prioritas yang dituangkan dalam RPJMD 2018-2023. ’’Pemkot membutuhkan komitmen seluruh pihak dalam penerapan e-Musrenbang sebagai upaya meujudkan rencana pembangunan daerah yang berkualitas,’’ pungkas dia.

(mj/fen/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia