Minggu, 19 Jan 2020
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Hadapi Banjir, Pemkot Mojokerto Siapkan Pompa Besar

06 Januari 2020, 08: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

Wali kota Mojokerto terus berusaha meminimalisir genangan air selama musim penghujan. (sofankurniawan/radarmojokerto.id)

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto- Menghadapi cuaca ekstrem musim penghujan ini, Pemkot Mojokerto telah melakukan berbagai upaya pencegahan. Di akhir 2019 lalu, sejumlah proyek fisik untuk revitalisasi saluran air dan drainase telah rampung dikerjakan. Di antaranya di Jalan Mojopahit, Jalan raden Wiyaya, Empunala, serta puluhan titik lainnya.

Khususnya saluran yang mengarah langsung ke Sungai Sadar. Meski belum bisa sepenuhnya menjamin wilayah Kota Mojokerto terbebas dari ancaman banjir dan genangan, setidaknya upaya tersebut bisa mempercepat pembuangan air. ’’Apalagi pemerintah provinsi melalui BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) juga sudah melakukan normalisasi Kali Sadar,’’ ungkap Wali Kota Ika Puspitasari.

Tak hanya saluran air, Ning Ita menyatakan, saat ini Kota Mojokerto juga telah terdapat ratusan titik biopori baru yang disebar di kelurahan-kelurahan. Setidaknya, setiap wilayah rukun warga (RW ) terdapat antara 30-40 titik biopori. Dengan begitu, fungsi serapan air akan jauh lebih maksimal. ’’Ini (biopori) kan sangat membantu selain rumah pompa-rumah pompa yang juga kita maksimalkan,’’ tandasnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemkot Mojokerto ini, menyebut, selain antisipasi, yang juga tak kalah penting untuk dipersiapkan adalah adalah kesiapan sumber daya manusia (SDM). Disebutkannya, masyarakat kota sudah disiapkan melalui pelatihan tentang bagiamana cara menghadapi jika terjadi bencana maupun mengantisipasinya.

Khususnya di Kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari, yang telah ditetapkan menjadi Kampung Siaga Bencana. Diharapkan ketika terjadi berbagai kemungkinan bencana, masyarakat sudah siap untuk menghadapinya. ’’Tapi kembali lagi yang namanya bencana tetap itu kekuasaan Tuhan. Yang penting kita sudah ikhtiar dari hulu ke hilir semaksimal mungkin,’’ pungkasnya.

(mj/ram/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia