Minggu, 19 Jan 2020
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Polres Mojokerto Raih Predikat Birokrasi Bersih Melayani Tanpa Imbalan

10 Desember 2019, 20: 02: 21 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

Kapolres Mojokerto, AKBP Setyo Koes Heriyatno, S.H., S.I.K saat menerima penghargaan di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (10/12). (istimewa)

MOJOSARI, Jawa Pos Radar Mojokerto - Kerja keras Polres Mojokerto memberikan pelayanan terbaik pada publik membuahkan hasil. Selasa (10/12), krops Bhayangkara ini mendapat apresiasi sekaligus penganugrahan predikat Zona Integritas (ZI) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Penganugrahan ini diperoleh Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, S.H, S.I.K, M.H, dari Menteri PAN-RB H. Tjahjo Kumolo, S.H di Hotel Bidakara Jakarta.

Di tahun sebelumnya, polres juga meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK). ’’Alhamdulillah, hari ini kita kembali telah menerima penganugerahan WBBM yang tahun lalu, juga menerima predikat WBK. Ini merupakan hasil kerja keras kita semua,’’ ungkap Kapolres Mojokerto, AKBP Setyo Koes Heriyatno.

Reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap system penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien. Sehingga, hal ini dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional. Predikat WBBM diraih Polres Mojokerto karena memenuhi sebagian besar manajemen perubahan. Baik penataan tata laksana, penataan sistem, manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Selain itu, banyak inovasi dan trobosan yang ditelurkan Polres Mojokerto dalam peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi Polri bersih dan bebas KKN. Inovasi itu diantarnya Majapahit Coaching Clinic, Majapahit Charles Payment Servis, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Delivery Servis, Integritas Alarm Sensor System dan Ground Breaking Perumahan Graha Sanika Bhayangkara. Hasilnya, dalam dua tahun ini Polres Mojokerto bersama dua polres lain se-Indonesia, berhasil mendapatkan predikat WBK dan WBBM. ’’Hal ini perlu kita syukuri dengan mempertahankannya sekaligus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Mojokerto,’’ imbuh perwira yang akan menjabat Waka Polresta Malang Kota ini.

Menurutnya, banyak inovasi yang ditelurkan untuk menjawab tantangan kebutuhan masyarakat. Terbaru, tersedianya kantor samsat dan satpas Ngopi yang berada di kawasan Ngoro Industri Persada. Dengan desain layaknya kafe, pelayanan publik ini dibuat senyaman mungkin. Hal itu sekaligus akan mempercepat dan tepat untuk pelayanan permohonan SIM ataupun STNK, hingga pernerbitan SKCK. ’’Yang paling utama adalah perubahan kultur dan pola pikir personel Polres Mojokerto dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang sudah menjadi komitmen bersama seluruh personel untuk memberikan pelayanan tanpa imbalan apa pun di luar ketentuan yang ada,’’ pungkasnya.

(mj/ori/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia