Minggu, 19 Jan 2020
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Bangun Rel Ganda, Tiga Underpass Bakal Ditutup

06 Desember 2019, 10: 05: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

Pengguna jalan yang langganan melintasi underpass Prajurit Kulon ke depan harus mencari rute baru karena akan ditutup selama pembangunan jalur ganda KA. (fendyhermansyah/jprm)

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto - Tiga underpass jalur kereta api di lingkup Kota Mojokerto bakal ditutup menyusul digelarnya proyek double track kereta api (KA). Pengguna jalan yang rutin melalui underpass harus mencari rute memutar lainnya.

Ketiga underpass jalur KA tersebut antara lain, di kawasan Jalan Benteng Pancasila (Benpas). Underpass itu menghubungkan area Benpas dengan Kelurahan Meri, Gunung Gedangan, hingga Jalan Raya Bypass Kota Mojokerto.

Kemudian, underpass di area Kelurahan Prajurit Kulon. Menghubungkan Kelurahan Prajurit Kulon dengan Surodinawan, Kota Mojokerto, dan Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Lalu, akses underpass dari Jalan Raya Blooto ke arah kampung Trenggilis, Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajurit Kulon.

Sedianya, penutupan jalur underpass itu dimulai sejak tanggal 9 Desember mendatang hingga akhir bulan Januari tahun 2020. Itu dilakukan karena jalur KA tengah dibangun. Proyek jalur ganda KA bakal dibangun sepanjang area Kota Mojokerto. Melintang dari timur ke arah barat.

Ketiga underpass itu agaknya menjadi andalan pengguna lalu lintas mengakses sejumlah lokasi penting di Kota Mojokerto. Seperti halnya di underpass Benpas yang jadi jujukan anak sekolah, pekerja, pegawai negeri, hingga ibu rumah tangga dari dan ke pusat kota dan perniagaan.

Begitu pula di underpass Prajurit Kulon yang banyak diakses warga pemukiman di Surodinawan dan Prajurit Kulon yang merupakan kawasan pemukiman padat. ’’Kalau ditutup terpaksa memutarnya jauh sekali,’’ ungkap Arifin, warga Pralon.

Ia menyebutkan, sehari-hari menggunakan akses underpass Prajurit Kulon. Itu untuk mengantarkan anak ke sekolah, pergi ke pasar Pralon, hingga ke pusat kota. Rencana penutupan itu diketahuinya dari papan spanduk yang dipasang di dekat underpass. ’’Sudah dua minggu lalu tahu, tapi kapan pastinya ditutup belum tahu,’’ sambung pewiraswasta ini.

Dikonfirmasi terpisah, Kabag Pemerintahan Sekdakot Mojokerto Agus Heri, mengaku, tiga underpass jalur KA di kota akan ditutup awal Desember ini. Itu karena ada proyek pembangunan jalur ganda kereta api. ’’Mulai tangal 9 Desember sampai akhir Januari nanti,’’ katanya.

Penutupan jalur underpass itu, sebut dia, bakal dilakukan PT KAI selaku pengusung proyek jalur ganda KA. Ketiga underpass itu setelah proyek jalur ganda rampung, masih tetap difungsikan. ’’Itu nanti tugas PT KAI,’’ sebut dia.

Diketahui, kawasan Kota Mojokerto terlalui proyek jalur ganda KA. Sekarang ini, proyek itu menyentuh kawasan Kelurahan Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Sedianya, pembangunannya bakal mengarah ke barat melintasi Kelurahan Prajurit Kulon hingga Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajurit Kulon.

(mj/fen/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia