Jumat, 06 Dec 2019
radarmojokerto
icon featured
Politik

Ikfina Muncul, Tak Ciutkan Nyali Para Kandidat

20 November 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

Empat figur ini menghangatkan kontestasi pilbup Mojokerto. (dok/radarmojokerto.id)

KABUPATEN – Munculnya Ikfina Fahmawati dalam bursa pilbup Mojokerto, memang mengagetkan sejumlah kalangan. Namun, bagi sejumlah kandidat lain, munculnya istri bupati nonaktif, Mustofa Kamal Pasa (MKP) itu, justru akan membuat persaingan lebih semarak. Tak menciutkan nyali mereka. Mereka bergeming atau tidak mengubah pendirian.

Wabup Mojokerto yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Pungkasiadi, menegaskan, banyaknya kandidat yang bermunculan, justru membuat masyarakat lebih leluasa menentukan pilihan. ’’Baguslah. Semakin banyak calon, akan semakin baik,’’ ungkapnya, Selasa (19/11).

Bagi Pung, begitu Pungkasiadi biasa disapa, munculnya Ikfina juga akan membuat kontestasi pilbup lebih kompetitif. ’’Demokrasi akan semakin hidup,’’ tambah dia.

Pung dinilai banyak kalangan memiliki peluang cukup besar dalam pilbup nanti. Sebagai incumbent, Pung cukup mudah menjalankan ”intrik” politiknya. Mulai melakukan pertemuan-pertemuan yang menghadirkan banyak massa, hingga sumber daya manusia.

Senada ditegaskan Purwo Santoso. Pensiunan kepala UPT Dispenda Jatim di Trenggalek ini menilai, hadirnya Ikfina akan menambah khazanah pilbup tahun 2020 nanti. Ditegaskan dia, semakin banyak kandidat, pemilih di Kabupaten Mojokerto yang telah mencapai 831 ribu tersebut, akan lebih mudah mencari sosok yang terbaik. ’’Baiknya calon, tidak hanya dilihat dari satu sisi. Tapi, banyak hal yang akan menjadi pertimbangan,’’ tuturnya.

Di antaranya, terkait visi misi. Bagi Purwo, program dan visi misi pembangunan akan menjadi salah satu pertimbangan bagi pemilih. ’’Kalau calon semakin banyak, maka program yang ditawarkan ke masyarakat akan semakin banyak. Nah, setelah itu, masyarakat akan melihat, siapa saja kandidat yang memiliki program yang baik,’’ tambahnya.

Ia mengaku, hadirnya Ikfina tak menurunkan semangatnya untuk berpacu dalam pertarungan pilbup nanti. ’’Saya tetap semangat. Dan, justru lebih semangat dengan munculnya banyak calon,’’ tandas dia.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mojokerto Yoko Priyono menanggapi atas hadirnya Ikfina belum merespons. Saat ini, Yoko telah berebut rekom Gerindra dengan sejumlah figur lain.

Seperti diketahui, Pungkasiadi, Purwo Santoso dan Yoko Priyono tercatat sebagai figur yang mendeklarasikan dirinya bakal maju dalam pilbup 2020. Keseriusannya dipertontonkan dengan berbagai langkah.

Di antaranya masuk dalam penjaringan parpol serta terjun langsung ke masyarakat. Namun, di tengah keseriusan tiga orang ini, mendadak muncul figur Ikfina. Nama perempuan berparas ayu ini kali pertama dilontarkan Badan Otonom PKB, Garda Bangsa. Ketua DKC Garda Bangsa Kabupaten Mojokerto Hadi Fatkhur Rohman, menegaskan, Ikfina memiliki pandangan politik yang baik untuk menata kabupaten ke depan.

Pengalaman ini telah dijalaninya selama mendampingi MKP saat memimpin Kabupaten Mojokerto. Baik di dalam birokrasi maupun ketika menjalankan tugasnya sebagai ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto. Disamping itu, pesona politik perempuan kelahiran Ponorogo ini, bisa menjadi reprentasi pemilih milenial. ”Saya optimistis Bu Ikfina bisa diterima oleh kalangan milenial,” pungkas politisi PKB ini.

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia