Jumat, 06 Dec 2019
radarmojokerto
icon featured
Politik
Pilkada Mojokerto 2020

’’Pinang’’ Ikfina lewat Mertua

17 November 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

Ikfina Fahmawati masih menjadi magnet dalam bursa pilbup 2020 nanti. (dok/radarmojokerto.id)

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Munculnya nama Ikfina Fahmawati dalam bursa pilbup Mojokerto, kian menguat. Tak hanya diakui publik, namun isteri bupati nonaktif Mustofa Kamal Pasa (MKP) itu, mendapat dukungan dari sejumlah anggota dewan.

Dukungan itu terlihat jelas dari pertemuan yang dilakukan sejumlah anggota dewan bersama H Jakfaril, ayah MKP. Dari rekaman video amatir yang diterima Jawa Pos Radar Mojokerto, pertemuan itu dilakukan di vila pribadi MKP, di Krapyak, Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Jumat (15/11).

Anggota DPRD yang nampak dalam pertemuan itu adalah Edy Ikhwanto, Supriyanto, dan Pitung Hariono ketiganya dari PKB, Muhammad Santoso asal PAN, M. Sholeh dari Nasdem, Arif Winarko asal PPP, dan Sugiyanto anggota DPRD yang diusung PKS.

Dari video berdurasi 1,49 detik itu terlihat jelas, mereka memberikan pernyataan atas dukungannya terhadap Ikfina untuk maju dalam pilbup nanti secara bergiliran. ’’Siap bunder ser,’’ ungkap Sugiyanto.

Pun demikian dengan Sekretaris Nasdem Sholeh. ’’Langsung disalawati ae,’’ tambahnya. Mendengar berbagai pernyataan dari  para politisi itu, Jakfaril yang saat itu menggunakan kaus warna putih, terus mengumbar senyum.

Salah satu anggota dewan yang hadir dalam pertemuan itu, menceritakan, pertemuan itu dilakukan secara mendadak dan tanpa rencana matang. Sehingga nampak di antara mereka masih melekat pin dewan di baju masing-masing. ’’Waktu itu, setelah ada sidak galian C. Dan Pak Edi (Edi Ikhwanto), mengajak bertemu dengan abah (Jakfaril),’’ ceritanya.

Pertemuan berlangsung cukup hangat. Jakfaril yang dikabarkan tengah mengalami  gangguan kesehatan, nampak terhibur dengan kehadiran para anggota dewan tersebut. ’’Tentunya ada selingan. Dan, meminta pendapat beliau. Bagaimana jika Bu Ikfina maju dalam pilbup,’’ tambahnya.

Dan, Jakfaril tak keberatan dengan tawaran tersebut. ’’Beliau sangat senang. Apalagi, banyak partai yang memberikan dukungan,’’ imbuh dia.

Sementara itu, Edi Ikhawanto, menyatakan, pertemuan tersebut memang terkesan nonformal. Namun, ia menegaskan, wakil rakyat yang duduk dalam satu meja tersebut bersepakat untuk mengusulkan nama Ikfina Fahmawati. ’’Insya Allah, ada lampu hijau dari Abah Jakfaril,’’ ujarnya.

Selain masih menunggu keputusan keluarga, di antara penggagas pengusul Ikfina juga harus bersabar untuk menunggu jawaban ’’pinangan’’ dalam memimpin Kabupaten Mojokerto periode 2020-2024 dari Ikfina. "Intinya, masih dalam tahap penggodokan. Kalau semua sudah jelas,  nanti akan kami sampaikan," tandasnya.

Kabar munculnya dukungan terhadap Ikfina ini, juga dijawab ringan oleh Ketua DPC PKB Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh. ’’Rekom PKB belum turun dari DPP,’’ katanya singkat.

Hadirnya Ikfina dalam pilbup kali ini, bakal meramaikan kontestasi pilbup. Ikfina digadang-gadang untuk maju dengan harapan mampu mentransformasikan ide-ide brilian MKP. Banyak yang menilai, MKP memiliki grand desain untuk pembangunan Kabupaten Mojokerto yang sangat apik.

Sebelumnya, nama Ikfina juga mendapat dukungan dari Badan Otonom PKB, Garda Bangsa. Ketua DKC Garda Bangsa Kabupaten Mojokerto, Hadi Fatkhur Rohman, menegaskan, Ikfina memiliki pandangan politik yang baik untuk menata kabupaten ke depan.

’’Bukan tidak mungkin, partai juga akan mempertimbangkan nama Bu Ikfina, nanti,” tandasnya. Hadi mengklaim, kemunculan nama Ikfina Fahmawati ini sudah melalui pertimbangan politik. Menantu H Jakfaril tersebut dinilai memiliki kemampuan dalam menggerakkan roda pemerintahan.

Pengalaman ini telah dijalaninya selama mendampingi MKP saat memimpin Kabupaten Mojokerto. Baik di dalam birokrasi maupun ketika menjalankan tugasnya sebagai ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto. Disamping itu, pesona politik perempuan kelahiran Ponorogo ini, bisa menjadi reprentasi pemilih milenial. ”Saya optimistis Bu Ikfina bisa diterima oleh kalangan milenial,” pungkas politisi PKB ini.

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia