Jumat, 06 Dec 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Kota Mojokerto Ajukan Rekrutmen CPNS Mandiri

28 Oktober 2019, 08: 50: 59 WIB | editor : Imron Arlado

jawa pos radar mojokerto

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Setelah dipastikan mendapatkan jatah kuota rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, Pemkot Mojokerto bersiap untuk bisa melaksanakan penyelenggaraan secara mandiri.

Serangkian ujian dengan sistem computer assisted test (CAT) itu bakal menggunakan perangkat komputer yang dimiliki oleh sekolah.

Wali Kota Ika Puspitasari menuturkan, dalam penyelenggaraan CPNS tahun ini, pemkot berupaya agar bisa menggelar pelaksanaan ujian secara mendiri. Menurutnya, rencana itu telah dikonsultasikan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) pasca pemkot menerima surat keputusan (SK) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) atas penetapan kebutuhan PNS pertengahan Oktober lalu.

’’Sudah dikonsultasikan ke BKN bahwa arahnya untuk CPNS tahun ini 2019 saya minta mandiri. Termasuk syarat-syarat yang dibutuhkan dan kesiapan infrastruktur yang kita miliki,’’ terang wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini.

Dia menjelaskan, jika keputusan untuk melaksanaan tes CPNS secara mandiri bukan tanpa alasan. Ning Ita menyatakan, Kota Mojokerto memiliki peluang besar bisa merealisasikannya. Sebab, pemkot telah memiliki sarana prasarana (sarpras) dan fasilitas untuk mendukung digelarnya ujian berbasis CAT tersebut.

Orang nomor satu di lingkup Pemkot Mojokerto ini, menyebutkan, kebutuhan perangkat informasi teknologi (IT) bisa memanfaatkan laptop yang dimiliki oleh dinas pendidikan (dispendik).

Sebagaimana diketahui, seluruh SD dan SMP se-Kota Onde-Onde telah menerapkan Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (USBNK/UNBK). ’’Kita kan punya 1.720 laptop untuk UNBK. Itu kan bisa digunakan selama waktunya tidak bersamaan dengan ujian,’’ paparnya.

Tak hanya itu, perangkat tersebut juga telah dilengkapi dengan server. Sehingga, pihaknya mengaku optimistis pemkot akan mendapat rekomendasi dari BKN untuk menggelar mandiri.

Ning Ita berpandangan, jika pelaksanan di Kota Onde-Onde akan jauh lebih efektif dibandingkan ditempatkan di kota lain seperti CPNS 2018 yang digelar di basement Simpang Lima Gumul, Kediri. ’’Kalau misalnya tempat, kita punya GOR Majapahit yang kapasitasnya memadai. Jadi, dari pada jauh-jauh ke Kediri, lebih baik diselenggarakan di kota sendiri,’’ tandasnya.

Tahun ini, Pemkot Mojokerto mendapatkan kuota sebanyak 126 formasi CPNS. Antara lain, untuk kategori tenaga teknis yang mencapai 117 orang. Kemudian 5 tenaga guru, dan 4 dokter spesialis. Diperkirakan, antusias untuk mengisi posisi CPNS tak jauh berbeda seperti tahun lalu. Jumlahnya pelamarnya diprediksi bakal menembus ribuan.

Hal itulah yang juga menjadi salah satu pertimbangan wali kota untuk menggelar mandiri. Di samping untuk memangkas biaya transportasi pelamar, di sisi lain juga agar berdampak pada meningkatnya perekonomian dari warga Kota Mojokerto.

Terlebih, serangkaian ujian CPNS berlangsung hingga beberapa hari. Dengan demikian, diharapkan akan mampu mengatrol pendapatan masyarakat di Kota Mojokerto.

Baik dari sisi perdagangan, kuliner, maupun jasa lainnya. ’’Sisi itu juga menjadi bahan pertimbangan saya supaya masarakat mendapat kemanfaatan atas terselenggaranya CPNS dari pada diselenggarakan di tempat lain,’’ ujarnya

Ning Ita memastikan jika tahun ini pemkot hanya membuka rekrutmen untuk CPNS. Meski sebelumnya pihaknya juga telah mengusulkan kebutuhan untuk Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), tetapi hingga saat ini belum mengantongi jawaban dari Kemen PAN-RB. ’’Jadi belum tahu kapan untuk yang PPPK. Kemarin masih yang di-ACC yang CPNS-nya,’’ pungkasnya.

Rencananya, pengumuman formasi dan pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka serentak pada akhir Oktober hingga awal November. Dilanjutkan pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang digelar awal tahun 2020 nanti. Secara bertahap akan disusul Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Rangkaian ujian tersebut akan berakhir hingga April 2020 mendatang.

(mj/ram/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia