Selasa, 19 Nov 2019
radarmojokerto
icon featured
Politik

Pakai Seragam Dinas, PNS Ini Daftar Cawabup

18 Oktober 2019, 08: 30: 59 WIB | editor : Imron Arlado

jawa pos radar mojokerto

Kusnan Hariadi mengenakan pakaian dinas Pemkab Mojokerto Surya Majapahit, saat mengembalikan formulir pendaftaran Cawabup di kantor Nasdem, Jalan Wijaya Kusuma, Sooko. (imron arlado/radarmojokerto.id)

SOOKO, Jawa Pos Radar Mojokerto - Kusnan Hariadi, seorang PNS aktif di Badan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto, resmi mendaftar calon wakil bupati (cawabup) melalui Partai Nasdem, Kamis (17/10). Ia mengembalikan formulir pendaftaran dengan mengenakan pakaian dinasnya, Surya Majapahit.

Datang seorang diri, Kusnan yang kini menjabat Kasi Pembinaan dan Peningkatan Akseptor di kantornya tersebut menyerahkan seluruh berkas yang disyaratkan. Disambut fungsionaris partai, Wakil Sekretaris DPD Lodis Oktafianto, Kusnan dengan sangat mantap melangkah masuk ke kantor Nasdem, di Jalan Wijaya Kusuma. ’’Semua akan kami teliti dan akan kami proses,’’ ungkap Lodis. 

Meski nantinya seluruh persyaratan dinyatakan lengkap, namun Kusnan tak secara otomatis masuk dalam bursa perebutan rekom di tingkat DPP. Karena, Nasdem hanya akan menyorong tiga pendaftar ke meja Dewan Pimpinan Wilayah (DPW).

Mereka akan menjalani seleksi administrasi, wawancara, hingga survei yang dilakukan internal parpol.’’’Tiga nama itu yang akan kami plenokan ke DPW,’’ ungkap Lodis.

Sementara itu, terjunnya Kusnan ke dunia politik, rupanya sudah dipertimbangkan secara matang. Meski masih berstatus sebagai ASN aktif, tetapi ia sudah berencana mengakhiri karirnya di birokrasi.

Kepala DP2KBP2 Joedha Hadi, mengatakan, Kusnan sudah meminta pertimbangan dan persetujuan dirinya untuk mengajukan Masa Persiapan Pensiun (MPP). ’’Yang bersangkutan ini tidak perlu mengajukan pensiun dini. Hanya perlu mengajukan MPP. Karena masa kerjanya hanya kurang 10 bulan,’’ tegasnya.

Joedha menuyebut, surat pengajuan MPP pun sudah masuk di mejanya. Dan, Rabu (16/10), sudah ditandatangani. ’’Baru kemarin, saya menandatangani suratnya,’’ imbuhnya. Surat itu nantinya akan dilayangkan ke Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) lalu diteken Wabup Pungkasiadi.

Sementara itu, Kepala BPKP Susantoso, mengaku belum mendengar rencana Kusnan terjun ke politik. Bahkan, surat pengajuan MPP juga belum berada di mejanya. ’’Belum ada surat apa pun. Mungkin saja belum masuk,’’ tandasnya.

Data yang dikantongi Jawa Pos Radar Mojokerto menyebutkan, Kusnan merupakan PNS asal Desa Gumeng, Kecamatan Gondang. Saat ini, ia tinggal di Jalan Berlian, Perum Bumi Sooko Permai, Sooko.

Selain menjadi PNS, ia juga sebagai komisaris PT Bintang Surya Gemilang. Sebuah perusahaan outsourching di sektor cleaning service. Perusahaan ini telah menjamah di sejumlah instansi pemerintahan hingga perusahaan pemerintah daerah.

Hadirnya Kusnan di Partai Nasdem, menambah daftar panjang pendaftar yang serius di parpol besutan Surya Paloh ini. Di antaranya Pungkasiadi yang mengawali mendorong berkas pendaftaran. Kemudian disusul Purwo Santoso.

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia