Selasa, 19 Nov 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Kawal Pilkades, Ribuan Personel Satlinmas Bakal Diterjunkan

17 Oktober 2019, 06: 55: 59 WIB | editor : Imron Arlado

jawa pos radar mojokerto

Polisi tak hanya mempersiapkan diri menyambut pelantikan presiden Jokowi. Tetapi, mereka juga akan mengamankan proses pilkades serentak, 23 Oktober nanti. (sofan/radarmojokerto.id)

MOJOANYAR, Jawa Pos Radar Mojokerto – Ribuan personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa/Kelurahan diterjunkan mengawal coblosan pilkades serentak, 23 Oktober nanti. Rabu (16/10), mereka dikumpulkan dan diberi arahan di Gedung PPNI Kecamatan Mojoanyar.

Pembinaan yang dihadiri Dandim 0815 Letkol Kav Hermawan Weharima, kepala OPD, dan camat, tersebut langsung diberikan Wakil Bupati (Wabup) Pungkasiadi. ’’Ada dua hajatan besar yang akan kita hadapi. Tanggal 20 Oktober kita ada pelantikan presiden.Tanggal 23 Oktober ada pilkades serentak. Seluruh aparat, baik TNI, polisi, maupun satlinmas, saya harap untuk siap siaga, dan menjadi pendorong dalam menjaga pilkades tetap kondusif,’’ tegasnya di hadapan 2.128 personel satlinmas.

Dalam pelaksanaannya, wabup berpesan seluruh personel satlinmas di Kabupaten Mojokerto terus berkoodinasi dengan pihak terkait. Yakni, institusi yang bertanggung jawab. ’’Cepat laporkan jika ada gangguan,’’ ungkap Pungkasiadi.

Tak sekadar pembinaan atau arahan, wabup kemarin juga menyampaikan, salah satu bentuk support pemerintah setempat terhadap satlinmas. Dikatakannya, ada realisasi pengadaan seragam untuk personel perlindungan masyarakat tersebut. ’’Pemerintah Kabupaten Mojokerto memberi support penuh pada seluruh satlinmas dalam menjalankan seluruh tugas dan kewajibannya. Kita juga telah menganggarkan pengadaan baju seragam senilai kurang lebih Rp 4,5 miliar,’’ ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Pol PP Kabupaten Mojokerto, Sampirno, memantapkan bahwa satlinmas yang mengikuti pembinaan, dibentuk untuk ikut membantu menciptakan pilkades yang sejuk dan aman. ’’Tugas dari satlinmas adalah membantu mengantisipasi bencana dan juga ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Termasuk pilkades serentak ini,’’ tegasnya.

(mj/far/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia