Minggu, 08 Dec 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

KPPN Mojokerto Siaga Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2019

09 Oktober 2019, 11: 19: 31 WIB | editor : Mochamad Chariris

Kepala KPPN Mojokerto Riskian Lestari, menyerahkan penghargaan kepada Polres Jombang.

Kepala KPPN Mojokerto Riskian Lestari, menyerahkan penghargaan kepada Polres Jombang. (Ahmad Basuni/radarmojokerto.id)

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto - KPPN Mojokerto menyelenggarakan sosialisasi Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-13/PB/2019 tentang pedoman pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran Negara pada akhir tahun anggaran 2019, Selasa (8/10).

Kegiatan di Aula Gajah Mada ini dihadiri seluruh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Mojokerto. Acara dibuka Kepala KPPN Mojokerto, Riskian Lestari.

Riskian memberikan apresiasi kepada seluruh satker karena penyerapan anggaran selama triwulan I sampai dengan III selalu melebihi target yang ditetapkan. Target Penyerapan anggaran pada triwulan I sampai dengan triwulan IV tahun 2019 ditetapkan sebesar 15 persen, 40 persen 60 persen, dan 90 persen.

Selama Triwulan I sampai dengan triwulan III capaian penyerapan anggaran sebesar 19 persen, 44 persen, dan 65 persen. Dibandingkan periode yang sama pada tahun 2018, capaian hingga triwulan III tahun 2019 ini mengalami peningkatan di seluruh jenis belanja.

Belanja pegawai, belanja barang, belanja modal, dan transfer ke daerah. Riskian juga menyampaikan capaian nilai kinerja pelaksanaan anggaran satker lingkup KPPN Mojokerto yang diukur melalui 12 Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). Nilai IKPA hingga triwulan III tahun 2019 sebesar 96,47.

Dan capaian ini jauh di atas capaian IKPA tahun 2018 pada periode yang sama yang hanya mencapai 89,79. Dari beberapa indikator tersebut, indikator realisasi anggaran merupakan indikator yang memiliki bobot nilai terbesar yaitu 20%.

Sebagai acara inti disampaikan materi tentang Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-13/PB/2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Akhir Tahun 2019 oleh narasumber yang merupakan TMR (Treasury Management Representative) KPPN Mojokerto, Indhi dan Budi.

Berbagai penghargaan diberikan oleh Kepala Kantor kepada satuan kerja yang berhasil meraih IKPA sempurna (100) pada triwulan III tahun 2019. Yaitu, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mojokerto dan Pengadilan Agama Mojokerto.

Adapun satuan kerja yang mendapatkan nilai IKPA terbaik sesuai klasifikasi pagu diberikan kepada Polres Jombang (pagu di atas Rp 20 miliar), Kantor Kementerian Agama Kota Mojokerto (pagu antara Rp 10- 20 miliar), LAPAS Mojokerto (untuk pagu antara Rp 5- 10 miliar), MTsN 6 Jombang (pagu antara Rp 2-5 miliar) dan Pengadilan Agama (pagu di bawah Rp 2 miliar). (ahmad basuni)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia