Senin, 21 Oct 2019
radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Elpiji Bocor, 2 Ribu Ayam Terpanggang

19 September 2019, 09: 05: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Kobaran api yang melandang kandang Sukarsono, Betro, Kemlagi membuat 2 ribu ekor ayam potong yang masih berusia 20 hari terpanggang.

Kobaran api yang melandang kandang Sukarsono, Betro, Kemlagi membuat 2 ribu ekor ayam potong yang masih berusia 20 hari terpanggang. (salihin/radarmojokerto.id)

KEMLAGI, Jawa Pos Radar Mojokerto – Kebakaran melanda kandang ayam milik Sukarsono, di Desa Betro, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Selasa (17/9). Kobaran api membuat 2 ribu ekor ayam potong yang masih berusia 20 hari terpanggang bersama kandang yang terbakar.

Selain itu, luas area kandang yang terbakar mencapai 15 x 20 meter juga habis tak tersisa. Agus 30, salah satu warga, mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 21.30. Saat itu, dirinya sedang berada di rumah dikejutkan dengan warga yang berhamburan keluar. "Setelah saya lihat, ternyata api sudah besar," ungkapnya.

Insiden itu membuat dirinya lari sekencang mungkin menuju kobaran api tersebut. Sementara sesampainya di tempat kajadian ia dan warga lainnya langsung melakukan pemadaman menggunakan alat seadanya ’’Ada yang memakai pompa air, air kolam, hingga air kamar mandi untuk membantu pemadaman menggunakan ember, ’’ katanya.

Berkat usaha pemadaman yang dilakukan warga sekitar besarnya kobaran api lambat laun mulai redah. Banyaknya hamparan bambu yang dijadikan alas dan dinding kandang membuat api tak kunjung padam Apalagi, ditambah beberapa kayu jati yang dijadikan sebagai tiang kandang. Meski api sudah mulai reda waraga yang memadamkan secara manual sudah mulai kewalahan.

”Ya untungnya kobaran api yang membumbung tinggi tak sampai merembet ke rumah samping kanan dan kiri,’’ tandasnya. Sementara itu,mobil PMK tiba dilokasi 1 jam kemudian. ”Sekitar pukul 22.30 petugas pemadam kebakaran baru sampai lokasi,’’ tandasnya.

Petugas pemadam kebakaran, Rony, mengungkapkan, setidaknya ada 4 mobil PMK yang dikerahkan ke lokasi untuk membantu proseses pemadaman. Selain 3 unit damkar milik BPBD, 1 unit damkar Kota Mojokerto juga dikerahkan.

Rony menduga kebakaran ini muncul akibat selang elpiji yang bocor. Dari situ, muncul percikan api lalu menjalar ke dinding kandang yang terbuat dari material kayu dan bambu. ”Hal ini juga diperkuat dengan ditemukannya dua tabung elpiji saat proses pemadaman,” katanya. Sementara kobaran api baru berhasil dipadamkan pukul 23.12.

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia