Senin, 21 Oct 2019
radarmojokerto
icon featured
Journey
Kastil Okayama, Jepang

Menikmati Suasana Abad Pertengahan

13 September 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Menikmati Suasana Abad Pertengahan

Dari sekian banyak kastil bersejarah yang bertebaran di Jepang, Okayama Castle atau Kastil Okayama adalah salah satu kastil yang paling terkenal. Kastil ini merupakan ikon utama wisata di prefektur Okayama. Terbukti, setiap tahunnya puluhan ribu wisatawan tercatat mengunjungi Kastil Okayama. Berikut pengalaman Khoiroh Azizah Hasyim, traveller dari Mojokerto yang selama beberapa hari berkeliling merasakan kemegahan dan keindahan Okayama Castle.

KASTIL OKAYAMA dibangun oleh Ukita Naoie, penguasa Okayama pada sekitar tahun 1597. Kastil ini sering disebut Crow castle atau U-jo dalam bahasa Jepang yang berarti Kastil Gagak. Disebut demikian karena warna hitam menjadi ciri khas kastil ini. Selain itu ada juga yang menyebutnya sebagai kin-u-jo atau kastil gagak emas. Karena ada sedikit warna emas yang melapisi bagian warna hitamnya.

Kastil Okayama juga merupakan salah satu kastil termegah di Jepang. Terdiri dari 35 bangunan serta 29 gerbang besar. Dari puluhan bangunan tersebut, ada satu bangunan megah bertingkat tujuh yang menjadi bangunan utamanya. Namanya adalah Tenshukaku.

Saat ini bangunan tersebut menjadi museum yang menyimpan banyak barang bersejarah peninggalan dari era jaman pertengahan. Kita bisa menyaksikan langsung beragam peralatan perang pada abad 15. Mulai pedang, perisai hingga baju zirah para prajurit dan ksatria saat itu.

Tenshukaku juga merupakan pusat aktivitas para pengunjung Kastil Okayama. Salah satu daya tarik yang ditawarkan pengelola kastil adalah merasakan sensasi sebagai ksatria hingga raja. Di lantai dua kastil ini, pengelola memang menyediakan baju khas Jepang. Mulai baju kimono, baju para samurai hingga baju raja dan ratu.

Pengunjung diperbolehkan memakai baju sesuai pilihannya serta mengabadikan busana yang dipakai tersebut. Bahkan untuk kostum para samurai, pengelola juga menyiapkan pedang Katana sebagai pelengkap aksesoris khas mereka. Sangat cocok untuk mereka yang hobi berfoto.  

Sementara lantai paling atas merupakan area observasi. Melalui teropong yang disediakan pengelola, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah Kota Okayama. Karena bangunannya yang cukup tinggi, nyaris setiap sudut kota bisa kita lihat dari lantai tujuh kastil Okayama.

Untuk masuk dan menikmati suasana abad pertengahan di kastil ini tiket masuknya sangat terjangkau. Hanya cukup membayar tiket sebesar beberapa ratus yen atau sekitar puluhan ribu rupiah per orang, kita bisa menikmati indahnya setiap sudut salah satu peninggalan bersejarah terkenal di Jepang.

Namun yang perlu menjadi sedikit catatan, kastil ini mempunyai lahan yang sangat luas. Meski di sekitar kastil dipenuhi banyak taman dengan pemandangan yang menyegarkan mata, tetap perlu sedikit tenaga ekstra untuk mengelilingi setiap sudutnya.

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia