Sabtu, 21 Sep 2019
radarmojokerto
icon featured
Politik

Sunarto Terpilih Jadi Ketua DPRD Kota Mojokerto

11 September 2019, 09: 10: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Sunarto didampingi Sonny Basuki Rahardjo asal Golkar.

Sunarto didampingi Sonny Basuki Rahardjo asal Golkar. (fendi/radarmojokerto.id)

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto-DPRD Kota Mojokerto mengusulkan tiga anggota dewan sebagai calon pimpinan definitif. Hal itu merujuk pada penetapan surat keputusan pengusulan pimpinan dewan yang telah diparipurnakan.

Nama Sunarto alias Itok diusulkan sebagai calom ketua dewan periode 2019-2024 dari PDIP. Kemudian, Sonny Basoeki Rahardjo sebagai wakil ketua dewan dari Partai Golkar, dan Junaedi Malik menduduki wakil ketua dari PKB. Ketiganya diusulkan sebagai pimpinan dewan periode 2019-2024 dalam rapat paripurna di gedung dewan, Selasa (10/9).

’’Sesuai berita acara rapat paripurna, tiga anggota dewan tersebut diusulkan menjadi pimpinan dewan 2019-2024,’’ ungkap Sekretaris DPRD Kota Mojokerto Mokhamad Effendi. Effendi menjelaskan, usulan PDIP didasarkan surat dari tiga parpol yang diterima setwan.

Setelah tiga surat rekomendasi tersebut sampai ke sekretariat dewan, pihaknya bersama pimpinan dewan sementara mengagendakan rapat paripurna penyampaian calon pimpinan dewan definitif. ’’Ada tiga surat dari parpol yang menjadi dasar pengusulan tersebut, kemudian kami paripurnakan,’’ terangnya.

Dalam paripurna ini, menetapkan keputusan dewan tentang penetapan pimpinan dewan masa jabatan 2019-2024. ’’Berdasarkan keputusan tersebut kami usulkan ke Gubernur Jatim untuk pengangkatannya,’’ imbuh Effendi.

Pihaknya berharap, Pemprov Jatim segera merespons surat usulan pengangkatan pimpinan dewan definitif tersebut. Setidaknya, pekan depan sudah muncul jawaban dari gubernur. Sehingga agenda dewan dapat segera berlanjut ke tahapan selanjutnya.

’’Nanti SK pengangkatannya dari gubernur. Ada pelantikan pimpinan dewan definitif nanti yang bacakan sumpahnya dari PN Mojokerto,’’ tandas dia.

Dalam paripurna pembacaan penetapan SK DPRD mengusulkan pimpinan dewan periode 2019-2024 tersebut diikuti sebanyak 21 anggota dewan. Sebanyak tiga dewan diketahui tak menghadiri rapat lantaran mengajukan izin, sedang satu dewan absen.

Rapat paripurna itu menjadi rapat paripurna kedua pasca pelantikan DPRD periode 2019-2024. Dalam paripurna sebelumnya, dewan menetapkan jajaran fraksi DPRD Kota Mojokerto. Yang mana, terbentuk 6 fraksi dari 9 parpol yang masuk ke gedung parlemen kota.

(mj/fen/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia