Sabtu, 21 Sep 2019
radarmojokerto
icon featured
Journey
Mengunjungi Tempat Bersejarah di Tanah Suci

Penuh Pesona dan Menyimpan Makna

06 September 2019, 09: 10: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Al Nour Mall Adalah kompleks perbelanjaan modern yang penuh dengan toko, food court dan area hiburan bagi anak-anak.

Al Nour Mall Adalah kompleks perbelanjaan modern yang penuh dengan toko, food court dan area hiburan bagi anak-anak. (Basuni/Jawa Pos Radar Mojokerto)

Perjalanan ibadah haji ke Tanah Suci bukan hanya membawa kesan mendalam tentang upaya mendekatkan diri kepada Sang Illahi.

Ada banyak kesan lain yang mungkin tak mudah dilupakan jamaah haji maupun umrah. Khususnya, di Kota Makkah dan Madinah, sebagai kota yang indah dan mempesona dengan tempat-tempat bersejarah.

Gerbang Al Salam

Inilah gerbang utama menuju ke Masjid Nabawi. Di mana, para peziarah mempersembahkan salam di makam Baginda Nabi Muhammad SAW. Terletak di sisi barat Masjid Nabawi atau area Raudlah.

2.      Al Manakha

Ini adalah area terbuka di sisi barat Masjid Nabawi. Di mana Rasulullah SAW mendirikan sebuah pasar. Secara linguistik, kata manakha mengacu pada tempat di mana unta beristirahat setelah melakukan perjalanan. Kawasan ini juga sebagai tempat tinggal Masjid Al Gamama atau Masjid Awan.

Nabi Muhammad SAW biasa menawarkan Salat Idul Fitri di masjid ini dan juga Salat Istisqa (meminta hujan). Daerah sekitar Masjid Al-Gamama baru-baru ini dikembangkan, dan merupakan rumah bagi air mancur dan tempat jamaah haji beristirahat atau bersantai. Masjid lain di sekitarnya termasuk Masjid Abu Bakar dan Masjid Umar.

3.      Jannatul Baqi

Jannatul Baqi berarti Taman Surga. Selain itu dikenal dengan makam suci Baqi. Lokasinya berada di sisi tenggara Masjid Nabawi. Pemakaman ini adalah tempat peristirahatan terakhir sejumlah besar sahabat dan anggota keluarga Nabi Muhammad SAW. Pemakaman ini juga memiliki sebutan Baqi Al Gharqad. Baqi mengandung arti tanah, di mana akar pohon yang berbeda ditanam dan Al Gharqad  adalah nama dari sebuah pohon berduri (boxthron) yang berlimpah di Baqi. Pohon ini berjenis lycium shawii.

4.      Jabal Uhud

Ini adalah pegunungan lokasi di mana Perang Uhud yang terkenal berlangsung. Pengunjung juga dapat dengan hati-hati memanjat sebuah bukit kecil tempat Rasulullah menempatkan sekelompok pemanah muslim selama pertempuran. Pengunjung dapat membeli produk lokal di sini sebagai oleh-oleh. Seperti kurma, hena, jamu, dan tasbih.

5.      Masjid Quba

Ini adalah masjid besar berwarna putih dengan menara dan banyak pepohon palem. Pengunjung seringkali melaksanakan salat sunah di masjid ini. Seperti kebiasaan Nabi SAW pada hari sabtu. Ada sebuah pameran di dekat masjid yang memamerkan tempat wisata utama kota dan manuskrip Arab. Ada juga banyak pedagang jalanan lokal di sekitar masjid yang menjual telur segar, ramuan lokal, tasbih, dan bunga.

6.      Al Nour Mall

Adalah kompleks perbelanjaan modern yang penuh dengan toko, food court dan area hiburan bagi anak-anak.

7.      Sultana Street

Merupakan area perbelanjaan modern sekaligus rumah bagi sejumlah restoran populer.

8.      Tujuh Masjid

Ini adalah sebuah masjid besar yang dibangun di tujuh masjid kecil di sebelah selatan Sala. Sebuah tempat di mana pertempuran Khandaq atau pertempuran Parit terjadi. Kawasan yang sama juga merupakan rumah bagi Masjid Al Fath, di mana Nabi Muhammad SAW berdoa dan dijanjikan akan menaklukkan Makkah.

9.      Stasiun Al Hijaz

Adalah stasiun kereta api era Utsmani yang telah berubah menjadi museum tentang kota suci.

(mj/far/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia