Sabtu, 21 Sep 2019
radarmojokerto
icon featured
Politik
Pilkades Serentak 2019

Gugur Pencalonan, Ancam Polisikan Panitia

06 September 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Utomo (duduk paling kanan) menyaksikan lima pesaingnya ditetapkan menjadi calon.

Utomo (duduk paling kanan) menyaksikan lima pesaingnya ditetapkan menjadi calon. (Imron Arlado/radarmojokerto.id)

PURI, Jawa Pos Radar Mojokerto - Polemik penetapan calon kepala desa (cakades) di Desa Tambakagung, Kecamatan Puri, tak kunjung mereda.

Saat ini, Utomo, kandidat yang gugur saat proses seleksi mengancam bakal melaporkan seluruh panitia ke polisi.

Utomo, melalui kuasa hukumnya, Matyatim, SH, menilai panitia telah melakukan penyalahgunaan wewenang lantaran telah mengabaikan aturan yang telah ditetapkan.

’’Ada indikasi permainan. Kami melihat, ada unsur pidana,’’ ungkapnya, kepada Jawa Pos Radar Mojokerto. Indikasi itu terlihat dari munculnya tatib (tata tertib) yang menyebutkan salah satu syarat pencalonan harus disertai ijasah atau S-1. Akan tetapi, faktanya, salah satu pendaftar yang lolos hanya menggunakan surat keterangan lulus (SKL). ’’Ini jelas salah. Karena yang ditegaskan justru ijasah. bukan SKL,’’ terang Matyatim.

Selain itu, panitia juga telah menyalahi tatib. Dalam tatib, lanjut Matyatim, ditegaskan, seorang calon yang mendaftarkan diri  harus mampu merampungkan seluruh proses administrasi pada 9 Agustus. 

Akan tetapi, panitia masih menerima persyaratan tambahan dari salah satu kandidat, jelang pengumuman penetapan calon.

’’Dua unsur itu menjadi salah satu bukti kita. Ada penyalahgunaan wewenang,’’ tuturnya. Tak sekadar melangkah ke jalur pidana. Matyatim menegaskan, pihaknya tengah mengumpulkan sejumlah data untuk melangkah ke jalur perdata.

Ke PTUN, Matyatim akan menggugat hasil penetapan calon kepala desa Tambakagung. Kemarin, Matyatim dan kliennya mendatangi balai desa setempat dan mengajukan permohonan sejumlah data. Di antaranya berita acara penetapan, hingga proses penetapan calon, 29 Agustus lalu.

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia