Senin, 21 Oct 2019
radarmojokerto
icon featured
Mata Lensa

Jack & Jacky, sang Pemburu Kuliner Ekstrem di Kali Lamong

02 September 2019, 14: 36: 11 WIB | editor : Mochamad Chariris

Jack n Jacky menyusuri Kali Lamong memburu sasaran biawak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto.

Jack n Jacky menyusuri Kali Lamong memburu sasaran biawak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. (Sofan Kurniawan/radarmojokerto/id)

PUNCAK musim kemarau air di Sungai Lamong menyusut. Sisa air di kubangan-kubangan tak mengalir dan hanya berwarna kehijauan. Di tempat ini sekelompok peburu biawak sabar menunggu buruanya di sepanjang tepi sungai.

Mereka adalah Ucup, Jibon, Muji, si Jack, dan Jakcy, sang anjing kesayangan. Jacky bertugas mengejar biawak buruan mereka. Insting penciuman Jacky lebih tajam jika ada biawak di sekitarnya. Dengan sigap ia langsung lari dan menerkam.

Mata Lensa edisi kali ini merekam aktivitas pemburu biawak di Sungai Lamong, Dusun Geneng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. ”Biawak suka berada di area lembab,” tutur Jack.

Warga bersiap memasak hasil buruan untuk kuliner ekstrem di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerrto.

Warga bersiap memasak hasil buruan untuk kuliner ekstrem di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerrto. (Sofan Kurniawan/radarmojokerto.id)

Lelaki 33 tahun tersebut melakoni pekerjaan sekaligus hobi berburu sudah sepuluh tahun. Sekali berburu, Jacky bisa menangkap lima belas ekor biawak. ”Jika musim penghujan tangkapan bisa lebih dari ini,” katanya.

Biawak hasil perburuan mereka dijual ke warung-warung kuliner ekstrem yang ada di sekitar Mojokerto, Jombang, Gresik hingga Surabaya. Tak hanya biawak, kelompok berburu si Jack juga kerap memperoleh Musang cokelat atau orang menyebutnya garangan.

Daging garangan juga banyak di buru penikmat kuliner, terutama kuliner ekstrem. Saat ditanya apa nama kelompok pemburu ini. ”Jack & Jacky,” jelasnya.

(mj/fan/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia