Jumat, 06 Dec 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Komandan Puspenerbal: Kepribadian Bangsa Harus Berkarakter Maritim

09 Agustus 2019, 22: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Komandan Puspenerbal Laksma TNI Edwin, SH, M.Han saat menghadiri pelantikan Mabida Gerakan Pramuka Jatim masa bakti 2019-2024 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Komandan Puspenerbal Laksma TNI Edwin, SH, M.Han saat menghadiri pelantikan Mabida Gerakan Pramuka Jatim masa bakti 2019-2024 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. (Humas Puspenerbal Juanda Sidoarjo for radarmojokerto.id)

SURABAYA, Jawa Pos Radar Mojokerto - Komandan Puspenerbal Laksma TNI Edwin, SH, M.Han sekaligus sebagai Kepala Majelis Pembimbing (Kama BI) Saka Bahari Jawa Timur (Jatim) menghadiri pelantikan Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jatim masa bakti 2019-2024 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Acara Pelantikan tersebut dipimpin Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol. (purn) Drs. Budi Waseso. Kehadiran Komandan Puspenerbal dalam acara tersebut sebagai bagian dari pengurus Gerakan Pramuka wilayah Jatim dalam bidang kebaharian yang sebelumnya memperoleh anugerah Lencana Pramuka Pancawarsa, yang disematkan wakil ketua Pramuka Kwarda Jatim, 7 Agustus lalu.

Dalam menyambut peringatan hari Pramuka Ke-58 jatuh pada tanggal 14 Agustus mendatang, Komandan Puspenerbal, selaku bagian dari organisasi gerakan Pramuka menyatakan, bahwa Indonesia adalah bangsa Maritim yang wilayahnya merupakan pulau-pulau yang dirangkai oleh lautan.

”Sehingga kepribadian bangsa Indonesia haruslah berkarakter maritim yang memandang laut sebagai masa depan bagi bangsa Indonesia,” ujarnya. Dalam menyongsong bonus demografi yang terjadi di  Indonesia pada rentang waktu tahun 2020-2035 dan mengalami puncaknya pada tahun 2030, Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 menyebutkan, generasi milenial Indonesia berusia 20-35 tahun mencapai 24 persen dari 179,1 juta jiwa.

Di mana, usia tersebut merupakan usia produktif atau jumlahnya setara dengan 63,4 juta jiwa. Kondisi ini dapat menjadi keuntungan dan tantangan bagi bangsa Indonesia. Karena para pemuda ini merupakan penentu masa depan bangsa. Oleh karena itu, melalui gerakan pramuka dengan fokus pada pembinaan generasi muda yang memandang laut sebagai masa depan bangsa.

Edwin berharap, agar pramuka yang sebagian besar beranggotakan pemuda ini dapat dijadikan alat untuk membangun karakter anak bangsa, dalam upaya meningkatkan daya juang  yang berjiwa kemaritiman.

”Di samping senantiasa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta dan kasih sayang terhadap sesama manusia, berjiwa patriot yang sopan dan kesatria, mandiri, disiplin berani dan bertanggung jawab. Sebagai bekal dalam meneruskan masa depan bangsa dan NKRI yang kita cintai ini,” tegas Edwin.

Dia menambahkan, pembangunan karakter yang diharapkan adalah untuk menumbuhkembangkan semangat dan daya juang dalam menghadapi era globalisasi yang sarat akan ancaman terhadap generasi muda masa depan. Berupa, bahaya narkoba, moral hazard, dan disintegrasi bangsa.

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia