Selasa, 12 Nov 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Malam Ini, Kloter Akhir Kabupaten Terbang, Langsung Jalani Umrah Wajib

05 Agustus 2019, 21: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Andung A. Kurniawan (kanan), rombongan kloter 84 berangkat dari Pendapa Pemkab ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Minggu (4/8) petang.

Andung A. Kurniawan (kanan), rombongan kloter 84 berangkat dari Pendapa Pemkab ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Minggu (4/8) petang. (Rizal Amrulloh/radarmojokerto.id)

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Calon Jamaah Haji (CJH) yang tergabung kelompok terbang 84 Embarkasi Surabaya (SUB) telah dilepas dari Pendapa Pemkab Mojokerto, Minggu (4/8) petang.

Rombongan sebanyak 81 orang itu merupakan kloter pamungkas dari Kabupaten Mojokerto. Sesuai jadwal, kloter 84 yang tergabung bersama CJH dari Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT) itu akan bertolak dari Bandara Juanda ke King Abdul Aziz, Jeddah pukul 23.00 malam ini.

’’Tiba di Tanah Suci, jamaah akan langsung melaksanakan umrah wajib,’’ terang Mukti Ali, kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenang Kabupaten Mojokerto.

Tenda-tenda di Mina sudah siap ditempati jamaah haji.

Tenda-tenda di Mina sudah siap ditempati jamaah haji. (Ahmad Basuni/radarmojokerto.id)

Namun, yang sempat menjadi kendala adalah berhentinya pelayanan bus salawat. Armada yang biasanya melayani transportasi gratis selama 24 jam menuju Masjidilharam itu berhenti per 6 Agustus nanti. Atau tepat saat jamaah asal Kabupaten Mojokerto tiba.

Mukti mengatakan, hal itu karena berkaitan dengan mendekatinya prosesi Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna) yang mulai berlangsung mulai 9 Agustus nanti. Namun, kata dia, setelah dilakukan koordinasi dengan sektor 5 dan 6 Mahbaz Jin yang menjadi zona dari SUB, akhirnya jamaah kloter terakhir akan tetap disediakan armada pengganti untuk membantu pelaksanaan umrah wajib.

’’Akhirnya maktab menyiapkan khusus untuk jamaah yang baru datang (kloter 84 dan 85 SUB). Karena kalau jalan kaki kan kasihan karena jaraknya 2,5-3 kilometer,’’ tandasnya.

Sementara itu, sesuai dengan pengumuman pemerintah Arab Saudi, Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada 11 Agustus. Maka, jamaah haji dari seluruh penjuru dunia mulai Jumat (9/8) akan bergerak meninggalkan Makkah menuju Arafah.

Mereka akan melaksanakan wukuf pada Sabtu (10/8). Terkait  dengan  kegiatan tersebut, persiapan di Arafah pun sudah mendekati final. Sejak Sabtu (3/8) sore hingga Minggu (4/8) pagi pengerjaan tenda yang belum selesai dikebut.

Pantauan radarmojokerto.id Ahmad Basuni di Arafah dan Mina, tenda-tenda sudah terpasang rapi. Demikian pula dengan karpet, kamar mandi, toilet, dapur umum, maupun makanan.Sejumlah maktab telah dilengkapi dengan gedung toilet berlantai dua, yang disertai kamar mandi dan keran untuk wudu.

Persiapan untuk prosesi haji mencapai 85 persen pada Sabtu (3/8). Di sejumlah maktab, karpet siap digunakan di wilayah Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Beberapa Kelompok Ibadah Haji (KBIH) dan kloter meninjau kesiapan Armuzna untuk memastikan kesiapan prosesi puncak haji.

Tenda jamaah sudah berdiri, karpet sudah dipasang, makanan pun sudah disiapkan. ’’Kami lihat tenda untuk jamaah  juga sudah siap dengan struktur bangunan yang baru, karpet juga baru, dan tenda jamaah sudah disiapkan,’’ kata Sadat, petugas haji Indonesia .

Menyambut puncak haji, jamaah asal Mojokerto telah mempersiapkan diri, terutama secara fisik. Ketua kloter sudah menyosialisasikan agar jamaah menjaga kesehatan menjelang wukuf.

’’Waktu itu juga sudah ada tur melihat medan di Arafah, Mina, dan lontar jumrah. Ketua regu, ketua rombongan, dan ketua kloter juga sudah menjelaskan apa yang harus dan nggak boleh dilakukan selama wukuf,’’ kata Wijaya Soto.

Misalnya, selama di Arafah disarankan banyak zikir dan berdoa, dilarang keluyuran karena khawatir malah batal ihramnya. Selama mengantre mobil agar mengikuti arahan karom atau ketua kloter serta jangan berebut.

’’Termasuk soal baju apa yang dipakai dan kiat-kiat biar nggak tersesat pas jumrah,’’ kata Nur Indra. (ahmad basuni)

(mj/ram/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia