Selasa, 19 Nov 2019
radarmojokerto
icon featured
Sportainment

POBSI Kota Getol Benahi Prestasi, Butuh Tiga Pebiliar Putri Lagi

30 Juli 2019, 22: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

I Gede Arya, salah satu pebiliar putra Kota Mojokerto saat bertanding di Porprov VI di Gresik beberapa waktu lalu.

I Gede Arya, salah satu pebiliar putra Kota Mojokerto saat bertanding di Porprov VI di Gresik beberapa waktu lalu. (POBSI kota for radarmojokerto.)

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Peningkatan kualitas dan pola pembinaan atlet terus diupayakan cabor biliar Kota Mojokerto. Meski Porprov Jatim VI baru saja usai, tetapi tak menghalangi langkah Pengkot POBSI Mojokerto dalam membenahi prestasinya di sejumlah kejuaraan berikutnya.

Kali ini, pembenahan difokuskan pada penambahan jumlah pebiliar.  Khususnya di sektor putri yang dinilai memiliki perkembangan lebih baik ke depannya. Setidaknya, ada tiga pebiliar yang dibutuhkan Pengkot POBSI dalam mengembangkan sektor putri.

Ketiga pebiliar itu untuk menambah kuantitas atlet yang saat ini baru terisi satu pebiliar saja. Yakni, Nurma Ulifatul yang telah bergabung sejak 2017 lalu. Ketua umum Pengkot POBSI Mojokerto, Bagus Majoki mengatakan, sektor putri dijadikan fokus pengembangan tak lepas dari beberapa alasan.

Pertama adalah soal minimnya sejumlah daerah dalam mengorbitkan pebiliar sebagai cabor andalan. Jangankan di sektor putri, di sektor putra saja banyak yang tidak dapat menurunkan atletnya. ’’Tidak semua daerah bisa mengembangkan atlet putri. Justru kondisi itu adalah peluang dan harus kita manfaatkan dalam merebut prestasi sebanyak-banyaknya,’’ tutur Bagus Majoki.

Lalu, kedua, adalah soal potensi atlet yang dinilai masih belum banyak terakomodir. Khususnya pebiliar usia produktif atau yang masih berstatus pelajar. Kebanyakan mereka sekadar bermain, namun tak tahu bagaimana caranya menjadi pebiliar profesional.

’’Kalau dilihat sementara, sebenarnya banyak pelajar yang punya bakat bermain. Hanya saja mereka masih banyak yang bermain ala kadarnya di kampung-kampung,’’ tandasnya. Nah, untuk mengakomodir peluang itu, Pengkot POBSI bakal turun lapangan.

Mencari bakat-bakat baru khususnya pebiliar putri yang akan dijadikan tandem Nurma di sejumlah kejuaraan. Baik dalam skala level provinsi hingga nasional. Saat ini, Pengkot POBSI baru memiliki 4 pebiliar andalan. Di antaranya I Gede Arya, Brilian Vadiansyah, Mochamad Rizki Ifani, hingga Nurma Ulifatul.

Ketiganya masih memiliki kesempatan turun di sejumlah kejuaraan bergengsi.Mulai dari kejurda open, kejurprov hingga Porprov Jatim tahun 2021 mendatang. Lantaran usia mereka yang masih dibawah 19 tahun. ’’Mungkin hanya Ifani saja yang punya kesempatan sekali porprov. Untuk lainnya, bahkan masih punya kesempatan di dua kali porprov,’’ tandasnya. 

(mj/far/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia