Jumat, 06 Dec 2019
radarmojokerto
icon featured
Sportainment

Srikandi Majapahit, Tim Sepak Bola Putri Pertama Kabupaten Mojokerto

22 Juli 2019, 18: 32: 45 WIB | editor : Mochamad Chariris

Tim sepak bola putri Kabupaten Mojokerto menjalani latihan rutin di Stadion Gajah Mada Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Tim sepak bola putri Kabupaten Mojokerto menjalani latihan rutin di Stadion Gajah Mada Mojosari, Kabupaten Mojokerto. (Askab PSSI for radarmojokerto.id)

KABUPATEN, Mojok Sport – Animo sepak bola di Kabupaten Mojokerto tidak selalu dikelilingi kaum Adam. Kaum Hawa ternyata juga cukup mengganderungi, meski jumlahnya tak mendominasi. Fenomena itu pun ditangkap Askab PSSI Mojokerto sebagai peluang dalam membuka keran pembinaan sepak bola di kategori wanita atau putri.

Yakni, dengan membentuk klub sepak bola putri pertama yang berdiri di Kabupaten Mojokerto. Bahkan, klub yang diberi nama Srikandi Majapahit itu telah beberapa kali menjalani uji coba dan pertandingan resmi. Termasuk Liga Sepak Bola Putri U-17 yang digelar sejak Jumat (19/7) hingga Minggu (21/7) di Stadion Soeprijadi, Blitar.

Sekretaris Askab PSSI Mojokerto, Alfiyah Berliyana mengatakan, pembentukan klub sepakbola putri bermula dari permintaan manajemen timnas putri yang tengah menjalani pemusatan latihan di Sidoarjo, Mei lalu. Saat itu, Askab ditantang timnas sebagai lawan ujicoba mereka di Gelora Delta Sidoarjo.

Tawaran tersebut langsung diiyakan, meski belum tersedia satupun pemain yang bisa bertanding. Namun, berkat kerja sama dengan tim futsal porprov putri kabupaten, 12 pemain akhirnya bisa terkumpul dan terbentuklah tim sepak bola putri sampai saat ini. Mereka sebagian besar adalah para pelajar SMA dengan usia maksimal 17 tahun.

’’Sementara ini sudah ada 22 pemain. Mereka kelahiran antara tahun 2002 sampai 2004. Idenya saat kami ditawarin uji coba dengan timnas saat bulan puasa kemarin,’’ tuturnya. Meski baru berjalan dua bulan, namun latihan dinilai berjalan sangat optimal. Di bawah asuhan Agus Priyanto dibantu Ferry Winarko dan Heru Setiawan, kualitas permain Cici Santika dkk bisa dibilang sudah terbentuk.

Optimisme tersebut yang kemudian dijadikan alasan Askab PSSI untuk menurunkan mereka di kompetisi resmi. Salah satunya Liga Sepak Bola Putri U-17 Piala Menpora yang digelar sejak Jumat (19/7). Bahkan, di laga pertamanya kemarin, Srikandi Majapapit sukses menggapai 3 poin pertamanya.

Setelah menggasak klub Swiss FC dari Magetan dengan skor telak 3-0. Hasil tersebut menjadi modal tersendiri bagi Cici Santika dkk untuk meraih kemenangan kembali di pertandingan berikutnya hingga bisa lolos ke partai puncak. ’’Ya kita baru memulai. Anggap saja kemenangan itu sebagai bonus,’’ tandasnya. 

(mj/far/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia