Selasa, 12 Nov 2019
radarmojokerto
icon featured
Journey

Keindahan yang Tersembunyi, dari Angel’s Billabong sampai Broken Beach

19 Juli 2019, 21: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Lima traveller asal Kota Mojokerto saat menikmati pesona Angel’s Billabong, Bali.

Lima traveller asal Kota Mojokerto saat menikmati pesona Angel’s Billabong, Bali. (Novia Kumala Dewi for radarmojokerto.id)

BICARA keindahan Bali, seakan tak ada habisnya. Nyaris, di setiap sudut pulau ini menyuguhkan pesona keindahan alamnya. Selama beberapa hari, Novia Kumala Dewi atau yang akrab disapa Nophek dan Fibriyanti atau Yanti, traveller dari Mojokerto mengeksplorasi keindahan sudut Nusa Penida, salah satu pulau indah sebelah tenggara Pulau Bali.

Berikut rangkuman catatan journey mereka.

1.     Angel’s Billabong

Berada di Nusa Penida Barat, Angel’s Billabong merupakan ujung dari muara sungai sebelum mencapai lautan. Dikenal sebagai tempat yang sangat eksotis. Mempunyai fenomena alam yang memukau dan menakjubkan.

Disini terdapat banyak cerukan kolam yang tercipta karena faktor alami. Sementara air yang mengalir merupakan gabungan antara jernihnya air sungai dan deburan ombak laut lepas. Sehingga karang berwarna hijau kekuningan dibawahnya jadi terlihat begitu jelas.

Karena keindahan dan struktur geografisnya sehingga tempat ini mendapat nama Angel’s Billabong. Atau yang bisa diartikan sebagai bidadari di ujung sungai. Angel’ Billabong selalu menjadi favorit para wisatawan yang mengunjungi Nusa Penida. ”Keindahan ini yang jarang ditemui di tempat lainnya,” ujar Nophek.

2.     Kelingking Beach

Pantai ini cukup unik karena mempunyai batu karang yang menyerupai jari kelingking. Sayangnya, karena letaknya yang dibawah tebing membuat pantai ini jarang bisa dinikmati layaknya pantai lain. Dan karena letaknya itu pula pantai ini mendapat nama lain Kelingking Secret Beach. 

Namun meski begitu, Kelingking Beach tetap menjadi favorit para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Keindahan view indah dan deburan ombak dari atas tebing membuat tempat ini menjadi spot foto yang sangat menarik. Bahkan, menurut salah satu situs wisata dunia, pantai ini tercatat sebagai pantai terbaik urutan ke 19 dari 25 pantai indah di dunia.

Tiket masuk pantai ini juga sangat terjangkau. Hanya cukup membayar Rp 5 ribu per orangnya, wisatawan bisa menikmati keindahannya. Bahkan jika mempunyai stamina yang cukup serta nyali yang lumayan besar, mereka bisa turun dan menikmati indahnya pasir pantai. ’’Tangganya cukup terjal. Dan butuh tenaga ekstra untuk turun ke pantai,” ujar Yanti.

3.     Broken Beach

Pantai ini terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Atau berjarak sekitar 300 meter dari Angel’s Billabong. Pantai juga dikenal dalam nama lokal sebagai Pantai Pasih Uug. Dikenal dengan nama Broken Beach dikarenakan di pantai ini terdapat tebing berlubang di tengahnya. Tebing ini berukuran cukup besar, dengan tinggi mencapai sekitar 200 meter.

Tebing ini sangat unik. membentuk semacam jembatan atau gua di pinggir pantai. Meski belum sepopuler pantai favorit di bali seperti pantai Kuta, Nusa Dua dan lainnya, namun Broken Beach tetaplah sangat memikat para wisatawan.

Broken Beach terus menjadi jujugan para traveller dari berbagai penjuru dunia. ’’Keindahannya sayang untuk dilewatkan. Airnya juga sangat jernih dan masih alami,” seru Nophek. (nto)

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia