Sabtu, 21 Sep 2019
radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Galian Ilegal di Manduro Digerebek, Polisi Sita Catatan Hasil Tambang

16 Juli 2019, 22: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Ilustrasi

Ilustrasi (dokumen radarmojokerto.id)

MOJOKERTO – Satreskrrim Polres Mojokerto menggerebak usaha pertambangan galian C (sirtu) diduga ilegal di Dusun/Desa Manduromanggunggajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Polisi juga menyita alat berat dan dump truck. Penggerebakan ini setelah mengetahui pertambangan sirtu di lereng utara Gunung Penanggungan tersebut diduga tak berizin.’’Di lokasi memang ada aktivitas pertambangan,’’ ungkap Kasatreskrim Polres Mojokerto, AKP M. Solikhin Fery.

Namun, saat petugas meminta agar menunjukkan surat izin operasional pertambangan, Edi Sutrisno, 42, warga setempat tak bisa menunjukkan. ’’Pertambangan itu langsung kami tutup,’’ tuturnya. Petugas juga mengamankan barang bukti dari lokasi. Di antaranya, alat berat, dump truck beserta STNK dan buku kir. Kedua barang bukti itu kini disita di mapolres.

Sejumlah penambang yang kedapatan berada di lokasi juga diamankan ke mapolres. ’’Kami juga menyita selembar catatan hasil penjualan tambang,’’ tandasnya. Hanya saja, dari penggerebekan yang berlangsung pada awal Juli lalu, petugas belum meningkatkan ke tahap penyidikan.

Dengan alasan, masih melakukan pengumpulan barang bukti dan keterangan saksi-saksi. Termasuk terhadap Edi Sutrisno sebagi pemilik usaha ilegal itu. Namun, Fery menegaskan, jika selama proses penyelidikan ditemukan unsur tindak pidana, secepatnya dugaan pertambangan ilegal ini akan muncul tersangka.

Sesuai UU Nomor 5 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba). ’’Nunggu gelar perkara dulu. Sekarang, kami masih fokus memeriksa saksi-saksi,’’ terangnya. Namun, jika nanti dalam proses penyelidikan, penambang bisa menunjukkan bukti izin pertambangan, dugaan ilegal mining ini akan dihentikan. ’’Karenanya menunggu gelar perkara dulu,’’ papar Fery. 

(mj/ori/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia