Sabtu, 20 Jul 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Sinta: Kita Semua adalah Satu, Satu Nusa, Satu bangsa, dan Satu Bahasa

31 Mei 2019, 22: 05: 52 WIB | editor : Mochamad Chariris

Sinta Nuriyah Wahid, istri KH Abdurrahman Wahid, dan Kirun saat buka puasa bersama di GKJW Wates Kota Mojokerto, Kamis (30/5).

Sinta Nuriyah Wahid, istri KH Abdurrahman Wahid, dan Kirun saat buka puasa bersama di GKJW Wates Kota Mojokerto, Kamis (30/5). (Ahmad Basuni/radarmojokerto.id)

MOJOKERTO - Sinta Nuriyah Wahid, istri KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, mendatangi Gereka Kristen Jawi Wetan (GKJW) Wates Kota Mojokerto untuk berbuka bersama, Kamis (30/5).

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono bersama Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, dan sejumlah pejabat hadir mengikuti acara.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan dialog tentang keistimewaan bulan suci Ramadan yang disampaikan oleh Sinta Nuriyah. Dijelaskan, puasa merupakan kewajiban bagi umat Islam dan harus dijadikan momentum untuk meningkatkan tali persaudaraan.

’’Mengapa kita gelar acara sahur bersama karena sahur itu untuk mengajarkan berpuasa. Sedangkan berbuka itu mengajak untuk membatalkan puasa,’’ kata Sinta Nuriyah.

Selain itu, pihaknya juga meminta warga Indonesia tetap menjaga Bhinneka Tunggal Ika untuk menjaga kesatuan negara Republik Indonesia. Pada kesempatan itu, juga mengajak yel-yel NKRI Harga Mati dan Pancasila Jaya dan mengajak undangan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa.

’’Kita semua adalah satu. Satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Jangan sampai saling hujat. Mari jaga persatuan dan kesatuan bangsa,’’ pesannya. Sementara itu, Gusdurian Mojokerto Maliki, mengatakan, kegiatan ini digelar di gereja bertujuan agar Ramadan ini membawa berkah dan rahmat.

Bukan saja umat Islam, tetapi agama dan manusia lain pun bisa menikmati berkah Ramadan. Pihaknya mengundang tokoh lintas agama dan masyarakat sejumlah 800 orang. Tujuannya mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Kegiatan ini juga dapat berguna untuk lebih merekatkan tali silaturahmi antarumat beragama di Mojokerto. ’’Silaturahmi seperti ini sangat penting guna menyamakan persepsi kita tentang pentingnya kebersamaan dan menjaga suasana yang kondusif,’’ ujarnya. (bas)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia