Rabu, 23 Oct 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Siswa Kurang Serius, Nilai UNBK SMK Mojokerto Jeblok

11 Mei 2019, 23: 24: 29 WIB | editor : Mochamad Chariris

Ilustrasi

Ilustrasi (jawapos.com for radarmojokerto.id)

MOJOKERTO – Hasil ujian nasional berbasis komputer (UNBK) siswa SMK di Kota dan Kabupaten Mojokerto jeblok. Bahkan, Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Wilayah Jatim di Kabupaten/Kota Mojokerto, sangat menyayangkan.

Dari empat mata pelajaran (mapel) yang diujikan, hanya Bahasa Indonesia yang nilainya di atas standar nilai terendah. Padahal, tahun ini segala persiapan, termasuk sarana dan prasarana (sarpras) dinilai sangat matang. ’’Standar nilai terendah itu kan 55.

Tapi ada tiga mapel yang rata-rata nilainya di bawah nilai 55 itu,’’ kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Wilayah Jatim di Kabupaten/Kota Mojokerto, Maryono, Jumat (10/5).

Dia merinci, untuk hasil UNBK tahun 2019 di SMK Kota Mojokerto dengan jumlah peserta 2.211 siswa, untuk Bahasa Inggris rata-rata memperoleh nilai 43.82. Mapel Matematika rata-rata 35,46, Kelompok Mapel Peminatan (KMP) rata-rata pemperoleh 44,64.

Hanya pada Bahasa Indonesia yang nilai rata-ratanya di atas standar nilai terendah. Yakni, memperoleh 70,52. Sedangkan untuk SMK Kabupaten Mojokerto yang jumlah peserta sebanyak 7.036 siswa, Bahasa Inggris rata-rata memperoleh 42,56, Matematika 36,13, dan KMP memperoleh 45,72. Sedangkan, Bahasa Indonesia nilai rata-ratanya 66,55.

Dikatakan mantan Kepala Cabang Dispendik Wilayah Bangkalan itu, banyaknya nilai UNBK SMK yang terpuruk tersebut tidak hanya terjadi di Mojokerto. Namun juga di banyak daerah di wilayah Jatim. ’’Paling rendah memang selalu mapel Matematika,’’ tambahnya.

Untuk penyebabnya, Maryono menilai, banyak siswa yang tidak serius. Juga terkesan mengentengkan UNBK. Pasalnya, memang untuk saat ini nilai UNBK SMK belum menjadi syarat nilai kelulusan.

’’Mereka (siswa) tidak serius. Jadi, memang harus ada niat dari pemerintah agar ke depannya UNBK ini bisa menjadi syarat kelulusan,’’ harapnya. (ras)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia