Kamis, 23 May 2019
radarmojokerto
icon featured
Politik

Bawaslu Buru Pemasang Baliho Ucapan Selamat kepada Prabowo-Sandi

08 Mei 2019, 21: 54: 44 WIB | editor : Mochamad Chariris

Mengatasnamakan Relawan Perum Gatoel Mojokerto, baliho yang terpasang di depan kantor DPC Demokrat Kota Mojokerto ini menarik perhatian para pengguna jalan.

Mengatasnamakan Relawan Perum Gatoel Mojokerto, baliho yang terpasang di depan kantor DPC Demokrat Kota Mojokerto ini menarik perhatian para pengguna jalan. (Sofan Kurniawan/radarmojokerto/id)

MOJOKERTO – Baliho berukuran besar yang berisi ucapan selamat kepada capres dan cawapres nomor urut 02, terpasang di Jalan Jawa, Perumahan Gatoel, Kota Mojokerto. Kini, bawaslu pun tengah memburu pelaku pemasangan tersebut.

Mengatasnamakan Relawan Perum Gatoel Mojokerto, baliho itu berdiri di depan kantor DPC Demokrat Kota Mojokerto dan terpasang sejak beberapa waktu lalu. ’’Saya melihatnya sekitar tiga hari lalu. Sudah ada di situ,’’ ujar Untung, warga Pekayon II, Kranggan.

Baliho itu memang sangat mencolok. Terpasang di area strategis, pesan pun akan terlihat sangat jelas. Selain ucapan selamat atas kemenangan Pilpres, di baliho itu juga terpadat foto Prabowo dan Sandi berukuran besar. Mendominasi lembaran baliho.

Ketua bawaslu Kota Mojokerto Ulil Abshor, mengatakan, bawaslu sudah mendengar munculnya pemasangan baliho tersebut. Akan tetapi, ia masih mencari pemasang baliho itu. ’’Siapa yang memasangnya, itu yang sedang kita cari,’’ ungkapnya.

Ditegaskan Ulil, jika memang tak ditemukan pemasangnya, maka bawaslu akan lebih mudah melakukan pelepasan. ’’Kalau tahu identitas pemasang, tentu kita akan keluarkan surat agar segera menurunkan sendiri. Tetapi, kalau tidak jelas, maka akan kita koordinasikan dengan satpol PP,’’ tambah dia.

Pemasangan baliho berisi ucapan selamat atas kemenangan pilpres, dinilai Ulil sudah melanggar kesepakatan bersama yang dilakukan paslon jelang kampanye berlangsung. Saat itu, kedua tim pemenangan sepakat tidak akan mengklaim kemenangan sebelum penetapan KPU tanggal 22 Mei nanti. ’’Nah, kenapa daerah-daerah masih banyak yang tidak taat?’’ papar dia.

Ulil mengaku, baru menemukan satu baliho saja yang berisi ucapan selamat terhadap Prabowo-Sandi. Namun, jika warga melihat baliho yang sama, diharapkan untuk segera melapor ke bawaslu.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Kota Mojokerto Deni Novianto, saat dikonfirmasi mengaku tidak tahu-menahu atas munculnya baliho itu. Meski, lokasi pemasangan berada di salah satu sudut kantornya. ’’Kami tidak pernah merasa memasang baliho itu,’’ tandasnya kemarin sore.

Seperti diberitakan, ucapan selamat atas kemenangan Prabowo-Sandi terus bermunculan. Berukuran besar dan terpasang di sejumlah sudut strategis. Iklan ini mulai tersebar sejak beberapa hari pasca pencoblosan 17 April lalu. 

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia