Sabtu, 20 Jul 2019
radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Elpiji Hanguskan Rumah saat Korban Memasak Menu Berbuka Puasa

07 Mei 2019, 23: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Petugas damkar memadamkan api yang membakar rumah sekaligus toko di Desa Wonodadi, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto.

Petugas damkar memadamkan api yang membakar rumah sekaligus toko di Desa Wonodadi, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. (Khudori Aliandu/radarmojokerto.id)

MOJOKERTO – Kebakaran rumah terjadi di Dusun Sumberkepuh, Desa Wonodadi, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Senin (6/5). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Namun, kobaran api diduga berasal dari kebocoran elpiji tersebut membuat rumah Kholik, 46, hangus. ’’Kerugiannya ditafisr mencapai Rp 250 juta,’’ ungka Kapolsek Kutorejo, AKP Margo Sukwandi. Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 14.30. Saat itu, istri Kholik, Astutik, 35, sedang memasak di ruang dapur.

Nahas, di tengah kesibukan menyiapakan menu berbuka bagi keluarga, ia dikejutkan dengan api di sekitar tabung elpiji dalam rumah yang selama ini digunakan sebagai toko. ’’Dugaannya karena elpiji itu bocor,’’ jelasnya.

Sembari meminta pertolongan warga, korban berusaha memadamkan api dengan cara manual. Namun, ikhtiarnya tidak membuahkan hasil. Api dengan cepat menjilat barang-barang yang mudah terbakar. Besarnya api juga dipicu keberadaan bensin yang ada di sekitar toko.

’’Dengan cepat, api membesar dan membakar isi rumah sekaligus toko itu,’’ ujarnya. Teriakan mengundang perhatian warga. Warga yang berdatangan mencoba membantu untuk memadamkan api. Namun, kembali tak membuahkan hasil.

Api semakin membesar setelah banyak perabotan rumah tangga yang mudah terbakar. Hampir tidak ada yang bisa diselamatakan. Semua barang berharga di dalam rumah korban hangus. Seperti kasur, kursi, hingga perabotan rumah tangga lainnya. ’’Alhamdulilah, api tidak sampai merembet ke rumah tetangga,’’ katanya.

Sejumlah mobil PMK didatangkan ke lokasi untuk membantu pemadaman. ’’Tapi, api sudah hampir 90 persen menghanguskan rumah korban,’’ tandasnya.

(mj/ori/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia