Minggu, 19 May 2019
radarmojokerto
icon featured
Politik

Angka Pemilih Pemilu di Kabupaten Mojokerto Terus Berubah

09 April 2019, 20: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

KPU Kabupaten Mojokerto menyiapkan logistik pemilu.

KPU Kabupaten Mojokerto menyiapkan logistik pemilu. (Imron Arlado/radarmojokerto.id)

MOJOKERTO – Jumlah pemilih dalam pemilu 17 April nanti, terus bergerak. Menyusul, Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang masih terus membuka ruang bagi calon pemilih untuk masuk ke Mojokerto.

Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto Vikhie Risdiyanto, mengatakan, meski sudah menyelesaikan perhitungan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Tiga (DPTHP-3) mencapai 831.796 orang, namun KPU masih membuka ruang bagi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

’’Kalau yang DPTHP, tidak ada perubahan. Sudah tidak bergerak. Jadi, yang terus berubah yaitu DPTb,’’ ujarnya. Ditegaskan Vikhie, DPTb adalah pemilih yang sudah terdata dalam DPT, namun ingin pindah memilih di TPS yang berbeda dari lokasi yang sudah didata. Kategori ini, akan ditutup pukul 00.00 pada 10 April nanti.

Saat ini, KPU mencatat jumlah pemilih DPTb masuk mencapai 1.389 orang. Sedangkan, pemilih DPTb keluar dari Mojokerto mencapai 2.015. ’’H-7, DPTb akan kita hentikan,’’ tambahnya. Meski berpotensi terus berubah, namun Vikhie memastikan jika KPU tak akan menambah jumlah TPS DPTb.

Saat ini, terdapat 4 TPS DPTb yang tersebar di kawasan Pacet sebanyak tiga TPS dan satu TPS di kawasan Jatirejo. Dengan rincian, TPS Kembang Belor di Ponpes Amanatul Ummah, TPS Bendungan Jatim masih di Ponpes Amanatul Ummah, TPS Jatirejo tepatnya di Ponpes Bidayatul Hidayah dan TPS Sajen, Kecamatan Pacet. Saat ini, total TPS di Kabupaten Mojokerto sebanyak 3.225 TPS.

Pindah memilih ini disebabkan sejumlah faktor. Di antaranya, menjalankan tugas pemerintahan di tempat lain, menjalani rawat inap di rumah sakit atau keluarga yang mendampingi, penyandang disabilitas di panti sosial, menjalani rehabilitasi narkoba, tahanan, siswa atau mahasiswa yang jauh dari rumah, pindah domisili hingga korban bencana. 

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia