Rabu, 22 May 2019
radarmojokerto
icon featured
Journey

Kuliner Khas Mojokerto, Nasi Jagung Sendi sampai Sambel Wader Segaran

02 April 2019, 23: 55: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Sambel wader Segaran, Trowulan, kuliner khas Kerajaan Majapahit.

Sambel wader Segaran, Trowulan, kuliner khas Kerajaan Majapahit. (dokumen radarmojokerto.id)

NASI Jagung kini menjadi menu favorit para wisatawan yang melintas di kawasan Sendi. Nasi ini seakan menjadi menu makanan yang wajib dicicipi para wisatawan yang tengah melintas di jalur alternatif Kabupaten Mojokerto menuju Kota Batu tersebut.

Salah satu penjualnya adalah Katri. Ia merupakan salah satu pemrakarsa menu makanan nasi jagung di kawasan wisata Sendi. Katri telah berjualan menu makanan nasi jagung di kawasan wisata Sendi sejak 2002 silam. Saat itu, masih belum banyak warung di sekitarnya.

Menjual nasi jagung, di tengah hutan, bukan usaha turun-temurun dari keluarganya. Bahkan, berjualan nasi jagung di kawasan wisata Sendi adalah hal yang berawal dari ketidaksengajaan Katri saat itu. Sebelumnya, ia berjuyalan sayur dan buah hasil panennya di ladang.  

Nasi jagung dan sambel segar khas kuliner Pacet, Kab. Mojokerto.

Nasi jagung dan sambel segar khas kuliner Pacet, Kab. Mojokerto. (dok radarmojokerto.id)

Namun, setiap berjualan sayuran, ia selalu membawa bekal nasi jagung dengan lauk ikan teri. ’’Tiba-tiba ada pak camat waktu itu, tahu saya bawa nasi jagung, pak camat waktu itu minta makan nasi jagung saya dan bilang kalau masakan saya enak,” tuturnya.

Semenjak itu, Katri diminta untuk jual nasi jagung saja di kawasan wisata Sendi. Sudah berjalan selama 16 tahun, usaha warung milik Katri yang menjual nasi jagung itu ada di kawasan wisata Sendi.

Nasi jagung di Warung Mak Katri ini disajikan dengan sambal terasi yang didampingi tempe dan tahu goreng. Tidak hanya itu, Katri juga menambahkan lauk berupa ikan klotok atau ikan asin goreng dan dadar telur. Sebagai pelengkap, rebusan selada air juga disajikan sebagai sayur. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Hanya Rp 12.500 ribu per porsi. (nto)

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia