Selasa, 19 Nov 2019
radarmojokerto
icon featured
Journey

Pesona Vietnam Sajikan Ukiran Alam hingga Peradaban Kuno

29 Maret 2019, 22: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Destinasi Ha Long Bay di Vietnam yang oleh UNESCO dinyatakan sebagai salah satu warisan dunia.

Destinasi Ha Long Bay di Vietnam yang oleh UNESCO dinyatakan sebagai salah satu warisan dunia. (Mira Fariani for radarmojokerto.id)

MESKI pernah menjadi ladang peperangan hebat, Vietnam ternyata menarik untuk dikunjungi. Setidaknya ada beberapa tempat yang layak menjadi tujuan wisata favorit.

Mira Fariani, traveller dari Mojosari selama beberapa hari membuktikan keindahan Vietnam. Setidaknya 3 tempat berikut bisa menjadi gambaran pesona Vietnam. (nto)

HA LONG BAY

Lokasi ini sangat terkenal di dunia. Merupakan salah satu keajaiban dunia, yang dinyatakan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1994 silam. Letaknya berada di Vietnam Utara, dekat perbatasan dengan Cina. Saking indahnya, tempat ini sering diibaratkan sebagai negeri dongeng.

Keindahan Ha Long Bay terlihat pada air lautnya yang berwarna hijau tosca, pulau batu kapur yang menjulang serta gelombang laut yang juga tak kalah tingginya. Disini setidaknya terdapat 1.600 pulau batu kapur yang indah hasil ukiran alami. Sebagian pulau masih tertutup hutan tropis yang hijau. Dan sebagian lagi terdapat danau dan gua. (*)

SUNGAI MEKONG

Inilah sungai legendaris yang paling terkenal di Vietnam. Menjadi jalur transportasi serta ikon negara ini. Dengan panjang mencapai 4.350 kilometer, sungai Mekong tercatat sebagai sungai terpanjang ke 12 di dunia. Membelah beberapa negara, mulai Thailand, Myanmar, Vietnam, Laos hingga Cina. (*)

PAGODA TRAN QUOC

Dibangun saat pemerintahan Kaisar Lv Nam De pada abad ke 6 atau sekira tahun 544 hingga 548 masehi, menjadikan pagoda Tran Quoc sebgaai pagoda tertua di kota Hanoi. Pagoda ini didominasi warna merah, warna yang di Cina dan Vietnam sebagai perlambang keberuntungan dan kemakmuran.

Ada banyak perlambang simbol Buddhis di pagoda ini. Seperti simbol roda delapan yang menggambarkan Jalan Mulia Berunsur Delapan, ukiran Bunga Lotus yang mencerminkan pencerahan dan pencapaian 

Dengan desain arsitektur yang harmoni serta memanfaatkan lanskap air, membuat pagoda ini begitu indah. Apalagi di beberapa sudut halaman kuil juga menyajikan pemandangan sunset yang sangat mempesona. (*)  

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia