Selasa, 19 Nov 2019
radarmojokerto
icon featured
Mata Lensa

Makna di Balik Percikan Air Suci Dalam Melasti

04 Maret 2019, 13: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Prosesi Melasti di Petirtaan Jolotundo, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Prosesi Melasti di Petirtaan Jolotundo, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. (Sofan Kurniawan/radarmojokerto.id)

SEMBARI mengusung jempana, mereka berarak menuju altar patirtaan. Wewangian kemenyan dan dupa menyeruak di sepanjang jalan. Anak-anak bergembira ria, manggut-manggut mengiringi alunan musik. Ibu-ibu membawa sesaji di atas kepala.

Para remaja bersuka ria. Panji-panji dikibarkan, dan sesekali mereka tersenyum saat warga sekitar asyik menyaksikan arak-arakan upacara Melasti tersebut. Menjelang pelaksanaan Nyepi 1941 Saka yang jatuh pada 7 Maret mendatang, ratusan umat Hindu Mojokerto melaksanakan upacara Melasti.

Upacara yang digelar di Patirtaan Jolotundo, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto tersebut menarik wisatawan yang datang untuk berkunjung. Wisatawan juga dapat menyaksikan upacara keagamaan yang digelar rutin satu tahun sekali tersebut.

Umat Hindu saat mengikuti upacara Melasti.

Umat Hindu saat mengikuti upacara Melasti. (Sofan Kurniawan/radarmojokerto.id)

Ki Kusumo, salah satu pemangku umat Hindu Mojokerto, mengatakan, upacara Melasti bertujuan untuk menyucikan diri sebelum pelaksanaan Nyepi. Setiap tahun, upacara serupa digelar di candi petirtaan peninggalan Raja Airlangga tersebut. Karena Melasti merupakan simbol dari penyucian diri menggunakan air.

Upacara bisa dilaksanakan di laut. Namun, khusus umat Hindu Mojokerto, mereka memilih Petirtaan Jolotundo sebagai tempat sakral dan pemujaan. Hujan turun saat puncak acara persembahyangan. Meski begitu, ratusan umat tetap terlihat khusyuk. Anak-anak juga antusias mengikuti satu demi satu ritual Melasti. Di akhir acara, seluruh umat mendapat percikan air suci yang telah dibacakan mantra-mantra oleh pandita.

Percikan air berkah tersebut mereka minum sedikit lalu diusapkan di tangan dan muka.Begitu juga dengan Dendo.Siswa kelas IV SD tersebut bergembira saat menerima percikan air langsung dari pemangku dipuncak acara.

(mj/fan/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia