Jumat, 20 Sep 2019
radarmojokerto
icon featured
Politik

Wawali Kota Hadiri Kampanye Prabowo, Ini Kata Bawaslu

26 Februari 2019, 17: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Wawali Kota Achmad Rizal Zakaria (depan, tiga dari kiri) saat menghadiri undangan kampanye Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto di GOR dan Seni Majapahit, Kota Mojokerto.

Wawali Kota Achmad Rizal Zakaria (depan, tiga dari kiri) saat menghadiri undangan kampanye Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto di GOR dan Seni Majapahit, Kota Mojokerto. (Imron Arlado/radarmojokerto.id)

MOJOKERTO – Kehadiran Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, saat kampanye Capres Prabowo Subianto di GOR Majapahit Kota Mojokerto, menuai perdebatan.

Mereka menyebut, kehadiran Rizal dianggap melanggar aturan KPU yang melarang seorang kepala daerah dan wakilnya melakukan kampanye. Ketua Bawaslu Kota Mojokerto Ulil Absor, mengatakan, pihaknya memantau Rizal sejak kedatangannya di GOR Majapahit pukul 08.30, hingga acara usai.

Pemantauan dilakukan untuk menelaah sikap Rizal selama proses kampanye yang dibalut dengan Dialog Kebangsaan bersama para petani itu. ’’Ternyata, sejak awal hingga akhir, yang bersangkutan hanya sebatas menghadiri undangan saja. Tidak ikut kampanye dan sebagainya,’’ katanya.

Ditegaskan Ulil, berbeda ketika yang bersangkutan menjadi penyelenggara atau masuk dalam struktur tim pemenangan capres. Sebagai wakil kepala daerah harus mengajukan cuti di luar tanggungan negara. Itu pun hanya diperbolehkan sekali dalam seminggu. Sementara, pengajuan cuti harus dikeluarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Namun, imbuh Ulil, Rizal hadir di kampanye Prabowo saat libur. Dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu dijelaskan, seorang menteri, gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, atau wali kota dan wakil wali kota yang melakukan kampanye pada hari libur tidak memerlukan cuti.

Kehadiran Wawali Rizal saat Prabowo Subianto, menghadiri dialog kebangsaan dengan para petani padi, petani tebu, hingga petani garam asal Madura. Ia duduk di deretan paling depan, dan bersandingan dengan capres nomor urut 02 tersebut.

Dengan menggunakan hem warna putih, Rizal tak larut dengan situasi. Ia lebih banyak menyaksikan dan nyaris tak pernah mengikuti berbagai yel-yel yang terus mendengung di gedung tersebut. 

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia