Selasa, 12 Nov 2019
radarmojokerto
icon featured
Lifestyle

No Make-up, Natural Lebih Cantik

23 Februari 2019, 18: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Diperankan model, Sasa.

Diperankan model, Sasa. (Sofan Kurniawan/radarmojokerto.id)

MAKE-UP seakan menjadi ritual wajib bagi wanita. Tanpa make up, justru bikin mereka minder. Namun, sebagian yang lain, make up bukan sebagai syarat mutlak menampakkan diri ke orang lain.

Dewasa ini, sebagian besar wanita pasti sudah mengenal apa yang namanya make up. Minimal, kulit wajahnya pernah tersaput bedak atau foundation meski setipis kulit bawang.

Bahkan, bermacam jenis make up terus bermunculan seiring banyaknya keinginan wanita dalam menampilkan wajah indah seperti yang didambakan. Mulai dari concealer, blush on, eye shadow, eye liner, mascara, lipgloss dan berbagai jenis makep-up lain.

Yang lambat laun semakin mengarah pada kebutuhan primer wanita. Akan tetapi, kecenderungan itu rupanya tidak menggelayut di dalam semua wanita. Sebab, banyak juga wanita yang justru percaya diri dengan penampilan wajah natural atau tanpa make-up.

Mereka menilai, wajah yang dianugerahkan Tuhan sudah menunjukkan kecantikan yang alami. Sehingga tidak perlu susah payah merombak dan melakukan upaya lain demi mewujudkan wajah sedemikian rupa.

’’Sejak muda memang sudah tidak suka make-up tebal. Sejak dulu memang suka petualang, jadi tambah ribet kalau harus pakai make up setiap kali keluar,’’ tutur Lia Nirawati. Wanita asal Desa/Kecamatan Mojoanyar ini tak memungkiri, tidak selamanya kulit wajahnya bersih tanpa tambahan bahan kimia.

Khususnya ketika ada hajatan resmi yang menuntutnya harus berpenampilan rapi dan anggun. Sehingga wajuh harus dibalut dengan beberapa jenis make up. Akan tetapi, ia tetap berkeyakinan jika make up hanya sekedar mencerahkan wajahnya.

Sehingga tidak harus menghilangkan unsur natural. Yakni hanya cukup menggunakan bedak dan foundation agar wajah tetap terlihat cerah. Untuk jenis make-up lain, ia memilih menghindari agar tidak terlihat berlebihan. ’’Bedak dan lipstik saja sebenarnya sudah cukup. Itupun pilihan warnanya juga nggak terlalu mencolok,’’ tambahnya.

Selain alasan kepercayaan diri dan natural, alasan wanita tanpa make-up juga tidak lepas dari mudahnya mereka dalam merawat diri. Khususnya wanita yang mengaku wajahnya sudah seksi sejak lahir meski tanpa saputan make up.

Bahkan, bisa jadi mereka menilai wujudnya bakal berubah dan berbeda jauh ketika harus menggunakan make up. Penilaian ini yang paling ditakuti mengingat fungsi make up hanya menambah kecantikan, bukan mengubah wajah.

’’Banyak juga yang nggak mau terlalu make-up tebal, karena takut banyak yang nggak mengenal. Biasanya kita beri arahan kepada klien tentang jenis make up yang tidak terlalu mencolok,’’ pungkas Tantri Yuristasari, make up artist asal Desa Canggu, Jetis.

(mj/far/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia