Sabtu, 21 Sep 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Tujuh Puskesmas Belum Terakreditasi, Berikut Ini Datanya

21 Februari 2019, 19: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Puskesmas Kecamatan Sooko termasuk salah satu faskes yang sudah terakreditasi.

Puskesmas Kecamatan Sooko termasuk salah satu faskes yang sudah terakreditasi. (Muh. Ramli/radarmojokerto.id)

MOJOKERTO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto terus mengejar target akreditasi bagi seluruh puskesmas di wilayahnya.

Sebab, hingga saat ini, dari 27 puskemas yang ada, masih tersisa 7 puskesmas belum terakreditasi. ”Untuk survei sudah dilakukan. Jadi Insya Allah tahun ini akan terakreditasi semua,’’ kata Kasi Pelayanan Kesehatan Primer (Yanprimer) Dinkes Kabupaten Mojokerto, Hariyono.

Tujuh puskesmas yang belum terakreditasi tersebut di antaranya adalah Gondang, Lespandangan, Kutorejo, Pandan, Manduromanggunggajah, Watukenongo, dan Trowulan.

Hariyono menegaskan, saat ini Dinkes telah menyiapkan anggaran sebesar 1,6 miliar. Anggaran tersebut disiapkan untuk proses akreditasi bagi 7 puskesmas. ”Sudah dilakukan survei. Saat ini, kami hanya menunggu surat keputusan (SK) akreditasi dari surveyor saja,’’ tambahnya.

Sedianya SK Puskesmas Gondang dan Lespadangan turun pada bulan Mei. Kutorejo di bulan Juli. Pandan dan Manduromanggunggajah di bulan Agustus. Serta Watukenogo dan Trowulan masing-masing di bulan Oktober.

”Memang, tujuh puskesmas tersebut jadwal akreditasinya tahun 2019 ini,’’ jelasnya. Meski demikian, ketujuh puskesmas itu sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat. ”Cuma yang belum terakreditasi peminatnya pasti lebih sedikit,’’ ujarnya.

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia