Selasa, 12 Nov 2019
radarmojokerto
icon featured
Mata Lensa

Araneae Bergelantungan Bertahan Hidup

17 Februari 2019, 22: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Pengendara motor di Jalan Raya Mojokerto-Gresik melihat laba-laba bergelantungan.

Pengendara motor di Jalan Raya Mojokerto-Gresik melihat laba-laba bergelantungan. (Sofan Kurniawan/radarmojokerto.id)

BISING bunyi kendaraan didukung panasnya terik matahari Sabtu (16/2) tak meggoyahkan ketenangan sekawanan laba-laba yang hinggap di bawah pohon lamtara di tepi jalan ini.

Jika pengendara berjalan pelan dan mengamati alam sekitar di jalur Mojokerto-Gresik di hutan Dawarblandong ini pastilah melihat sekawanan laba-laba itu bergelantungan. Hampir memasuki pertengahan musim penghujan, jumlah laba-laba liar banyak ditemukan.

Siklus alam tersebut memunculkan suatu keindahan tersendiri. Hewan berkaki delapan ini mempunyai nama latin araneae. Terdapat di seluruh dunia, kecuali dibenua antartika. Jika diamati, sekawanan laba-laba tersebut sedang bertahan hidup.

Laba-laba memiliki nama latin araneae.

Laba-laba memiliki nama latin araneae. (Sofan Kurniawan/radarmojokerto.id)

Mereka membentangkan jaring di bawah pepohonan. Dengan sigap mereka melahap serangga yang terjebak dalam jaringnya. Laba-laba kecil bergelayut bepindah dari tempat satu ke tempat yang lain.

Menggunakan tali sutra yang dikeluarkan dari pantatnya, mereka juga membentangkan tali sutranya dari pohon lamtara ke pohon jagung di persawahan hutan. Sungguh pemandangan menakjubkan. Rekaman Mata Lensa kali ini mengabadikan atraksi alam sebelum mereka hilang ditelan waktu. 

(mj/fan/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia