Selasa, 25 Jun 2019
radarmojokerto
icon featured
Journey

Indahnya Pura Dewa Penjaga Laut

25 Januari 2019, 20: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Destinasi pantai Tanah Lot Bali favorit jujukan wisatawan domestik dan mancanegara.

Destinasi pantai Tanah Lot Bali favorit jujukan wisatawan domestik dan mancanegara. (Moch. Chariris/Jawa Pos Radar Mojokerto)

KEINDAHAN Bali memang sudah tak diragukan lagi. Nyaris semua wilayah di pulau ini merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Pura Tanah Lot yang berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Dan Pura Tanah Lot bisa dikatakan merupakan salah satu ikon wisata di Bali.

Pemandangan indah langsung tersaji begitu memasuki bibir pantai. Di atas tebing di tengah pantai, berdiri gagah sebuah pura. Ikon Pantai Tanah Lot memang tak lepas dari keberadaan pura di tengah pantai ini. Namanya Pura Tanah Lot. Inilah daya tarik utama Pantai Tanah Lot.

Keluarga besar Jawa Pos Radar Mojokerto di depan Batu Bolong Tanah Lot, Bali.

Keluarga besar Jawa Pos Radar Mojokerto di depan Batu Bolong Tanah Lot, Bali. (Jawa Pos Radar Mojokerto)

Pura ini memang menarik, karena desain dan arsitekturnya yang luar biasa diatas karang di tengah pantai. Bagi masyarakat Bali, Pura Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Khayangan Jagat di Bali yang ditujukan untuk memuja Dewa Penjaga Laut.

Pun demikian dengan legenda yang dipercaya masyarakat sekitar. Legenda tersebut mengisahkan berdirinya Pura Tanah Lot dan penyebaran agama Hindu di Bali pada abad 15 oleh seorang Brahmana bernama Dang Hyang Nirartha.  

Memasuki area pantai, pengunjung juga akan disuguhi berbagai spot menarik untuk berfoto. Selain pura itu sendiri, terdapat beragam spot menarik lainnya. ’’View-nya sangat menarik untuk foto-foto,’’ kata Makzun, pengunjung dari Mojokerto. 

Namun, menurut Makzun, waktu yang paling ideal untuk mengambil foto adalah saat matahari tenggelam. Karena saat sunset, akan tercipta siluet indah di antara karang dan bangunan pura. ’’Pas sunset, gambar yang dihasilkan akan sangat indah,’’ ujarnya.

Untuk menuju Pura Tanah Lot tidaklah sulit. Dari pusat Kota Tabanan, hanya berjarak sekitar 13 kilometer arah selatan. Sepanjang jalan menuju pantai, pengunjung akan menemui deretan kios yang menjajakan berbagai pernik-pernik serta aksesoris khas Bali. Harganya pun terbilang cukup murah. (nto)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia