Selasa, 25 Jun 2019
radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Spesialis Bobol Rumah Beraksi dengan Mengendarai Avanza

22 Januari 2019, 17: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Muhamad Zaki Sulaiman saat diamankan di Mapolresta Mojokerto.

Muhamad Zaki Sulaiman saat diamankan di Mapolresta Mojokerto. (Khudori Aliandu/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Anggota Opsnal Satreskrim Polresta Mojokerto berhasil mengamankan pelaku spesialis pencurian atau pembobolan rumah, Muhamad Zaki Sulaiman, 20. Warga asal Tanggul Kulon, Kelurahan Tanggul,  Kecamatan Wonoayu,  Kabupaten Sidoarjo itu ditangkap bersama barang bukti hasil kejahatan.

Yakni, satu unit laptop dan handphone. Tak hanya itu, satu unit mobil Toyota Avanza yang biasa digunakan sebagai sarana kejahatan juga diamankan. Kasatreskrim Polresta Mojokerto AKP Ade Warokah, mengatakan, penangkapan tersangka tak lepas dari laporan korban, Diajeng Melati,  warga Puri, Kabupaten Mojokerto Selasa (15/1).

"Pelaku tertangkap basah saat beraksi di rumah korban yang lokasinya ada di wilayah hukum polresta," katanya kemarin. Tepatnya di Lingkungan/Kelurahan Purwotengah Gang 6, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. 

Menurut Ade, sekitar jam 13.00 WIB berawal dari informasi masyarakat, bahwa ada seorang laki-laki yang tidak dikenal memasuki rumah warga. Setelah dilakukan penyelidikan, polisi memergoki pelaku dan menangkapnya. Semula dia mengelak atas tuduhan melakukan pencurian.

Namun, setelah diinterogasi, pelaku akhirnya mangaku. Bersama tersangka, petugas mengamankan satu buah tas berisi laptop hasil kejahatan. Bahkan, tak sekali ini pelaku beraksi. Hasil pengembangan polisi diketahui sudah dua kali dia beraksi di wilayah hukum Polresta Mojokerto.

Modusnya, kata Ade, seperti pelaku pencurian lainnya. Terlebih dulu hunting mencari rumah kosong atau ditinggal penghuninya dari perumahan satu ke perumahan lainnya. Nah setelah mendapat target, pelaku yang beraksi seorang diri memasuki rumah korban di Lingkungan/Kelurahan Purwotengah, Kecamatan Kranggan dengan mudah. Di dalam rumah itu, dia menguras barang berharga milik korban. Seperti HP dan laptop.

"Kami juga mengamankan satu mobil Toyota Avanza nopol W 755 BU yang dipakai sarana melakukan aksi jahat dari pelaku," tuturnya. Akibat perbuatannya pelaku dijerat pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. 

(mj/ori/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia