alexametrics
Jumat, 23 Oct 2020
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Warga

15 Januari 2019, 03: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Akses pengendara terhalang pohon yang tumbang di Jalan Raya Bypass Jampirogo dari arah Dusun Klampisan, Desa Medali, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto.

Akses pengendara terhalang pohon yang tumbang di Jalan Raya Bypass Jampirogo dari arah Dusun Klampisan, Desa Medali, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. (Abe Arsyad/Jawa Pos Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Hujan lebat disertai angin kencang Minggu (13/1) mengakibatkan pohon mangga berdiameter sekitar 60 sentimeter di Desa Jampirogo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto tumbang.

Batang pohon menutup akses warga menuju Dusun Klampisan, Desa Medali, Kecamatan Puri dari Jalan Raya Bypass, Desa Jampirogo, Kecamatan Sooko maupun sebaliknya.

Parto, 50, warga Desa Jampirogo mengaku baru mengetahui ada pohon tumbang Senin (14/1). ”Mungkin ini (pohon, Red) tumbang pas hujan deras tadi malam (Minggu malam, Red),” ujarnya.

Sebab, di hari sebelumnya, pohon masih berdiri tegak saat dia melintas. Pantauan di lokasi, pohon yang berukuran lumayan besar tersebut memiliki cabang juga relatif besar. Sehingga, saat tumbang, akses jalan warga menjadi terhambat.

Setiap pengendara yang nekat ingin melintas terpaksa melewati areal persawahan dengan hati-hati. Kesulitan akses jalan itu salah satunya dirasakan Honi, 35, warga Dusun Klampisan. Saat dia hendak menuju jalan raya, hampir memutar balik lantaran merasa tidak bisa melewati jalan tersebut.

Namun, saat dia melihat ada sedikit akses di areal persawahan, dia memutuskan melintasi jalan tersebut. ”Ya ini dari rumah mau keluar menuju jalan raya. Kesusahan,” ungkapnya. Tak sedikit pengendara motor yang lewat dengan hati-hati.

Bahkan, ada yang hampir terperosok ke sawah. Hingga sore kemarin, pohon tersebut masih belum dievakuasi pihak terkait. ”Mudah-mudahan besok (hari ini, Red) ada pihak terkait yang membantu mengatasi ini,” tandas Honi.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto M. Zaini, mengungkapkan, pihaknya segera menindaklanjuti pohon tumbang tersebut dengan melakukan pemotongan batang pohon yang melintang, dan mengevakuasi. ”Malam ini (tadi malam, Red) tim reaksi cepat (TRC) BPBD segera ke lokasi,” jelasnya. (sad)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP