Selasa, 12 Nov 2019
radarmojokerto
icon featured
Journey

Pantai Papuma, Sisi Lain Indahnya Pesisir Selatan

11 Januari 2019, 14: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Pengunjung menikmati panorama Pantau Papuma Jember.

Pengunjung menikmati panorama Pantau Papuma Jember. (Renita for Jawa Pos Radar Mojokerto)

Tak hanya karena Jember Fashion Carnival-nya, nama Jember juga melejit berkat destinasi wisata yang sarat dengan keindahan alamnya.

Termasuk deretan pantainya yang memang eksotis. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Papuma atau yang lebih dikenal dengan Pantai Papuma. Bahkan Pantai Papuma kini bisa dikatakan merupakan tujuan wisata terfavorit di Jember.

PANTAI ini berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, atau berjarak sekitar 45 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Jember. Nama Papuma sendiri merupakan akronim dari Pantai Putih Malikan.

Malikan adalah nama yang diberikan Perhutani sebagai pihak yang membuka lokasi ini sekitar tahun 2009 silam. Sesuai namanya, salah satu keistimewaan Pantai Papuma adalah pasir pantainya yang berwarna putih dan bersih.

Sepanjang garis pantai terlihat begitu memanjakan mata. Untuk mencapai lokasi pantai, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sepanjang perjalanan sebelum memasuki pantai, pemandangan indah tersaji disisi kiri dan kanan jalan. Deretan pohon di hutan masih terlihat alami. Tak hanya menjadikan rindang, bermacam deretan pohon seperti palem, serut membuat perjalanan tak terasa melelahkan.

Belum lagi fauna penghuni hutan, seperti burung dan kera juga masih kerap menampakan diri. Keistimewaan lain Pantai Papuma adalah ombaknya yang cukup bersahabat. Meski berada di deretan pantai selatan yang terkenal dengan ombak yang besar dan ganas, namun Pantai Papuma terlindung  bebatuan karang dan bukit di sekelilingnya, Membuat pengunjung aman untuk bermain air di sepanjang bibir pantai.

’’Cocok untuk bersantai bersama keluarga,’’ kata Renita, salah satu pengunjung dari Mojokerto. Bebatuan karang ini juga membentuk semacam landscape yang menawan. Menambah pesona keindahan Pantai Papuma. Setidaknya ada sekitar tujuh batu karang besar yang akan terlihat jika air sedang surut.

Saking besarnya, karang ini membentuk seperti pulau. Menariknya, masing-masing karang ini pun memiliki nama. Ada yang bernama Pulau Kresna, Pulau Batara Guru sampai Pulau Kodok. Para penggemar fotografi kerap menjadikannya sebagai sasaran hunting untuk mendapatkan hasil foto pantai yang memukau. (nto)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia