Selasa, 12 Nov 2019
radarmojokerto
icon featured
Features

Kambing Jogging Bareng Majikan, Punya Sifat Mirip Anjing dan Kucing

07 Januari 2019, 16: 58: 18 WIB | editor : Mochamad Chariris

Buani jalan-jalan ditemani kambing piaraannya.

Buani jalan-jalan ditemani kambing piaraannya. (Abe Arsyad/Jawa Pos Radar Mojokerto)

Barangkali ketika kucing atau anjing diajak jogging atau pun jalan-jalan majikannya, itu biasa. Namun akan berbeda jika piaraan yang dibawa adalah seekor kambing.

Berikut kisah seorang kakek asal Kecamatan Mojoanyar yang selalu mengajak kambingnya jogging dan jalan-jalan.

BUANI namanya. Seorang kakek berusia 64 tahun itu sudah hampir setahun berkawan akrab dengan seekor kambing piaraannya. Setiap hari, dia jogging atau jalan-jalan dengan membawa kambing.

Tidak seperti orang menggembala. Tapi kambingnya seperti hewan piaraan layaknya kucing atau anjing yang sangat menurut dengan majikan. Bahkan, tak butuh tali pengikat di leher saat diajak jalan-jalan.

’’Mbik... mbik..,.’’ begitulah Buani memanggil kambingnya. Saat Buani memanggilnya, seketika kambingnya mengejar. Saat Buani jalan, kambingnya ikut jalan. Saat Buani lari, kambingnya ikut lari. Dan saat Buani berhenti, kambingnya mengitari Buani.

Kakek lima cucu yang tinggal di Dusun Kweden Wetan RT 1 RW 1, Desa Kweden Kembar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto itu, menceritakan awal dari kebiasaan itu.

Kambing piaraannya itu saat berumur sekitar 6 bulan selalu diberi makan langsung dari tangan. Terkadang diberi kulit pisang dan juga kupasan kulit semangka. ’’Saya sodorkan pakai tangan langsung (disuapi). Saya tunggu,’’ ungkapnya.

Begitu terus terulang. Hingga sampai pada suatu hari ketika Buani mencoba mengajaknya keluar dari kandang. Saat dibuka pintu kandang, kambingnya sudah langsung menghampiri Buani.

Awalnya masih ada talinya di leher. Diajaklah kambingnya itu keluar rumah. ’’Pas saya coba lepas talinya, kambingnya tetap ikut,’’ ungkapnya.

Hingga seterusnya, kambingnya ke sana kemari selalu mengikuti. Semenjak itulah, setiap kali Buani keluar rumah, seringkali dia mengajak kambingnya.

Kini, kambing Buani telah menjadi teman jogging dan jalan-jalan. Setiap pagi atau sore Buani beserta kambingnya melintasi jalanan cor beton di kawasan desa sekitarnya. ’’Ya sambil olahraga biar sehat,’’ katanya. Sembari memandangi hamparan sawah yang terbentang dan juga ativitas petani di kawasan Kecamatan Mojoanyar tersebut.

Tetangga-tetangganya yang bertani di kawasan sekitar juga sudah paham betul dengan aktivitas Buani dan kambingnya. Saat di usianya ini, Buani hanya beraktivitas ringan saja.

Dia lebih memilih menikmati masa-masa usianya semenjak tak lagi bekerja di sebuah pabrik. ’’Kadang-kadang juga masih di sabin (Sawah, Red),’’ pungkasnya. (sad)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia