Jumat, 06 Dec 2019
radarmojokerto
icon featured
Lifestyle

Treatment Kosmetik Organik Hambat Penuaan Dini

05 Januari 2019, 20: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Dyan Cahya saat menjalani proses kosmetik organik menggunakan jeruk lemon.

Dyan Cahya saat menjalani proses kosmetik organik menggunakan jeruk lemon. (Sofan Kurniawan/Jawa Pos Radar Mojokerto)

Dunia kecantikan tak bisa lepas dari kosmetik. Sebagai media perawat wajah, sejumlah ekperimen bahan kosmetik cukup banyak bermunculan. Termasuk kosmetik organik yang dinilai aman dari efek samping. Sehingga tidak banyak menimbulkan berbagai permasalahan kulit wajah.

PENGGUNAAN bahan alami sudah mulai populer di dunia kosmetik saat ini. Di mana, bahan bakunya berasal dari proses alami alias nonkimiawi. Kalau pun terdapat senyawa kimia, namun bahan alami yang digunakan justru lebih mendominasi.

Atau di atas beberapa bahan sintesis yang digunakan sebagai campuran. Nah, dalam perkembangannya, kosmetik organik memang tidak sepopuler kosmetik sintetis. Di mana, user-nya kebanyakan adalah wanita yang telah berumur. Hal ini tak lepas dari fungsi utamanya, yakni menghindari penuaan seiring bertambahnya usia.

’’Dari muda kita sudah banyak menggunakan kosmetik kimia, bahkan setahun bisa ganti merek. Ini kadang yang bikin wajah tambah rusak saat sudah menginjak usia di atas 30 tahun,’’ tutur Siti Muarifah, guru sekolah swasta di Kota Mojokerto.

Meski demikian, alasan tersebut bukanlah satu-satunya. Di mana, penuaan dini bisa terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari lingkungan seperti matahari atau pun polusi, bahkan bisa juga karena kebiasaan yang kurang tepat dalam merawat kulit.

Nah, kosmetik organik bisa jadi solusi dalam mengatasi persoalan itu. Lantaran kandungan antioksidan yang dianggap membantu menangkal radikal bebas akibat matahari atau pun polusi.

’’Terutama bagi kulit sensitif, kena debu sedikit saja biasanya sudah muncul jerawat. Kemudian menjalar lebih luas karena mungkin bahan kimianya tidak cocok. Ini yang kadang nggak disadari para wanita. Khususnya yang masih ABG (anak baru gede). Makanya, bahan organik sebenarnya masih bisa membantu menghambat efek samping itu,’’ tambahnya.

Untuk treatment dan bahan baku kosmetik organik, ada beberapa macam. Mulai dari jenis skincare seperti body scrub, body mist, sabun, lip balm yang terbuat dari daun mint dan ekstrak buah apel atau bengkowang. Lalu juga ada produk essential oil yang terbuat dari sari bunga yang dicampuri dengan minyak nabati. 

(mj/far/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia