Rabu, 23 Oct 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Kasek SMAN 1 Sooko, Endang Binarti, Dimutasi ke Kota Pahlawan

31 Desember 2018, 21: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Endang Binarti (tengah) bersama siswi SMAN 1 Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Endang Binarti (tengah) bersama siswi SMAN 1 Sooko, Kabupaten Mojokerto. (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menggelar rotasi jabatan kepala SMA/SMK Sabtu (29/12). Di Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto, terdapat 11 posisi kepala sekolah (kasek) yang digeser.

Mereka dibebankan untuk segera bertugas dan menempati posisi mulai awal Januari nanti. Kepala Cabang Dispendik Provinsi Wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto Mariyono, menuturkan, kebijakan mutasi kasek yang perdana ini dilakukan dalam rangka penyegaran sekaligus mengisi jabatan lowong.

’’Secara umum seluruh Jatim untuk mengisi kekosongan karena pensiun. Kemudian kosong karena plt juga banyak, termasuk Mojokerto ada dua yang kosong karena plt,’’ paparnya.

Di wilayahnya terdapat 11 lembaga yang terjadi pergeseran. Masing-masing 3 lembaga SMKN dan 8 SMAN. Sebagian ada yang bertukar posisi. Beberapa lainnya juga harus berdinas di luar wilayah Cabang Dinas Kabupaten/Kota Mojokerto.

’’Ada dua kepala sekolah yang masuk dari daerah lain,’’ terangnya. Di antaranya adalah Nur Hidayat yang sebelumnya menjabat kepala SMAN 1 Jombang, kini menempati posisi di SMAN 1 Sooko.

Sementara Endang Binarti yang sebelumnya menduduki Kepala SMAN 1 Sooko, kini bergeser untuk mengisi kursi kepala SMAN 21 Surabaya. Selain itu, Ibnu Mudzakir yang sebelumnya duduk menjadi kepala SMAN 1 Sukomoro, Nganjuk, kini mengisi kepala SMAN 1 Mojosari yang sebelumnya diisi plt.

Sementara itu, kekosongan jabatan kepala sekolah difinitif di SMKN 1 Jatirejo juga telah terisi oleh Heru Susianto yang sebelumnya kepala SMKN 2 Kota Mojokerto. Kursinya kini diganti oleh Siti Fatimah yang sebelumnya kepala SMKN 1 Trowulan.

Dan SMKN 1 Trowulan diisi oleh Irni Istiqomah. ’’Alhamdulillah yang sebelumnya kosong karena diisi plt, sekarang sudah terisi difinitif semua,’’ ujarnya. Sedangkan kasek yang bertukar posisi masing-masing adalah Kepala SMAN 1 Puri Imam Wahjudi dengan kepala SMAN 1 Kota Mojokerto Suhariyono.

Kemudian Kepala SMAN 1 Bangsal Suyono dengan kepala SMAN 2 Kota Mojokerto Sugiono. Sedangkan Kepala SMAN 1 Gedeg Titiek Wuriyanti dengan kepala SMAN 3 Kota Mojokerto M. Umar.

Mariyono menyebutkan, masing-masing kasek akan segera menempati posisi barunya di awal semester genap 2 Januari 2019 ini. Namun, pihaknya masih menunggu surat perintah melaksanakan tugas (SPMT) dari Pemprov Jatim.

’’Yang jelas menunggu SPMT. Tapi imbauannya secepatnya menempati pos masing-masing,’’ tandasnya. Mereka diharuskan langsung tancap gas untuk segera melakukan persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Itu diawali dengan melakukan verifikasi daftar nominasi sementara (DNS) calon peserta UNBK. ’’Mereka (kasek, red) punya gawe besar melakukan verifikasi sebelum ditetapkan jadi DNT (daftar nominasi tetap),’’ pungkasnya. 

(mj/ram/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia