Sabtu, 21 Sep 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Manfaatkan Libur Nataru, Tiket Objek Wisata Ditambah

18 Desember 2018, 01: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Wisatawan mengunjungi objek wisata sejarah Candi Brahu di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Wisatawan mengunjungi objek wisata sejarah Candi Brahu di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. (Rizal Amrullah/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto, berancang-ancang menghadapi serbuan wisatawan selama masa libur panjang.

Selain bakal menambah personel, stok tiket juga bakal ditambah untuk menjamin ketersediaan hingga akhir tahun mendatang.

Kepala Disparpora Kabupaten Mojokerto Djoko Widjayanto, mengungkapkan, sejak Minggu (16/12) sejumlah destinasi wisata mulai ramai didatangi pengunjung.

Selain momen jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), sejak pertengahan Desember ini juga beriringan dengan masa liburan sekolah. ’’Karena libur panjang, maka persiapan juga kita tingkatkan dari sebelumnya,’’ ungkapnya.

Djoko menyatakan, menyambut masa libur panjang kali ini pihaknya mengaku akan menambah personel di masing-masing objek wisata. Khususnya bagi titik wisata yang menjadi jujukan favorit.

Dia mengatakan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, jujukan wisata yang bakal menjadi primadona adalah Wanawisata Air Panas Padusan dan Ubalan Water Park.

Kedua lokasi itu diprediksi akan dikunjungi ribuan wisatawan setiap hari. ’’Pacet jelas kita tambah petugas. Nanti sambil kita evaluasi juga objek wisata yang lain jika perlu penambahan,’’ paparnya.

Sedangkan jujukan selanjutnya bakal tersebar di destinasi wisata lainya. Masing-masing di Kecamatan Trawas maupun wisata sejarah dan religi yang ada di Kecamatan Trowulan.

Selain itu, imbuh Djoko, objek wilayah di kawasan utara sungai juga tidak luput dari serbuan pelancong. Bahkan, jumlah kunjungan Ekowisata Waduk Tanjungan, Kecamatan Kemlagi, diprediksi bisa menjadi pilihan favorit.

Oleh karena itu, persedian tiket di semua wisata akan ditingkatkan dari biasanya. ’’Setiap hari tiket akan kita tambah 20-30 persen dari biasanya,’’ ulasnya.

Dengan begitu, pihaknya menargetkan pada Desember ini jumlah kunjungan di masing-masing wisata mampu meningkat hingga 200 persen.

Sehingga, target pendapatan asli daerah (PAD) dari hasil penjualan tiket juga akan naik dua kali lipat dari bulan biasanya. ’’PAD tahun ini kita target bisa mencapai 120 persen,’’ tandasnya.

Dia mengaku, pada libur panjang ini tidak ada perubahan harga tiket. Sehingga, masih berlaku sama dengan sebelumnya. Selain penambahan personel, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan lintas sektoral.

Khusus bagi titik wisata yang berpotensi membeludak juga akan dipersiapkan tenaga medis untuk stand by di lokasi. Sejauh ini, di sejumlah titik juga masih berjalan proyek fisik peningkatan dan pengembangan objek wisata.

Masing-masing di Air Terjun Coban Canggu, Pacet; Petirtaan Jolotundo, Trawas; serta pembangunan tempat parkir dan gedung serbaguna tahap I di Ubalan Water Park Pacet. Total seluruhnya menelan anggaran sekitar Rp 14,5 miliar. 

Namun, Djoko menyebutkan, hal itu tidak sampai mengganggu pengunjung. Sebab, saat ini telah memasuki tahap finishing.

Sesuai dengan kontrak, masing-masing diterget rampung paling lambat 26 Desember ini. ’’Sehingga puncak liburan sekitar 29 Desember sampai 5 Januari (2019) sudah selesai semuanya,’’ pungkasnya. 

(mj/ram/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia