Jumat, 24 May 2019
radarmojokerto
icon featured
Mata Lensa

Bodro Saworo dan Menggapai Keberkahan Kiai

09 Desember 2018, 10: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Jamaah Semaan Jantiko Mantap dan Dzikrul Ghofilin saat menyimak semaan Alquran di Ponpes Salafiyah Al Misbar, Dusun Karangnongko, Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jumat (7/12).

Jamaah Semaan Jantiko Mantap dan Dzikrul Ghofilin saat menyimak semaan Alquran di Ponpes Salafiyah Al Misbar, Dusun Karangnongko, Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jumat (7/12). (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Ibarat anak kecil yang kerap mengharapkan tuntunan atas pengalaman orang dewasa demi memuluskan langkah dalam menggapai keinginan.

Kealiman dan kedalaman ilmu sang guru juga diibaratkan seperti tuntunan bagi sang murid dalam mendapatkan keberkahan. Meski fisik terus termakan usia, upaya ngalap berkah atau mengharapkan berkah sang guru atau kiai pun tak jua surut dalam mereka.

Situasi tersebut yang tergambar jelas di raut wajah ribuan jamaah Majelis Semaan Al Quran dan Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab dalam rangka memperingati Haul Ke-34 Mbah Ilyas Ponpes Salafiyah Al-Misbar, Desa Karangnongko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jumat (7/12).

Dengan rasa ikhlas yang merasuk dalam hati, 2 ribu lebih jamaah semaan tampak khusyuk melantunkan ayat-ayat Alquran dan doa-doa suci sebagai media komunikasi kepada tuhan.

Kealiman dan kedalaman ilmu Mbah Ilyas sebagai ulama tersohor pun dinilai mampu menjadi perantara atas doa-doa yang dipanjatkan.

Bahkan, tak jarang para jamaah ini rela menyisihkan waktu berjam-jam mulai dari subuh hingga malam hari demi bisa berkumpul memperingati kesalehan sang kiai.

Semuanya mereka persembahkan demi keberkahan yang diyakini sebagai sesuatu yang mahal harganya. Dimana, dalam prosesi semaan ayat-ayat suci ini juga sekaligus dibacakan berkirim doa kepada 10 ribu nama almarhum-almarhumah.

Tidak hanya majelis Semaan Al Quran. Haul Mbah Ilyas ini juga diperingati dengan beragam acara. Diawali dengan khotmil quran dan pembacaan Maulid Al-Habsyi di sekitar pusara Mbah Ilyas, sejak Kamis (6/12) sore.

Puncak haul kemudian dipungkasi dengan pengajian umum yang dihadiri ribuan jamaah dan para ratusan kiai/ulama dan pengasuh pondok pesantren dari segala penjuru kota.

Tak lupa, tamu undangan dari kalangan Forum Pimpinan Daerah Kabupaten/Kota Mojokerto dan Pemrov Jatim turut hadir dalam acara tahunan ini yang mengangkat tema Bodro Saworo ini.

(mj/far/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia