Kamis, 17 Oct 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Polisi Antisipasi Menjamurnya Miras di Akhir Tahun

09 Desember 2018, 03: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Satsabhara Polres Mojokerto saat menggelar razia miras beberapa waktu lalu.

Satsabhara Polres Mojokerto saat menggelar razia miras beberapa waktu lalu. (Khudori Aliandu/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Mendekati perayaan Natal dan tahun baru yang kurang beberapa pekan lagi membuat Polres Mojokerto mulai meningkatkan patroli hingga razia berkala.

Selain untuk menekan aksi kejahatan yang belakangan meningkat, peredaran miras juga menjadi atensi. ’’Meski tidak jelang Natal dan tahun baru, sebenarnya patroli dan razia sudah rutin kita dilakukan,’’ ungkap Kasatsabhara Polres Mojokerto, AKP Bambang Eko Sujarwo, Sabtu (9/120.

Kendati demikian, dia tidak menampik memasuki bulan Desember ini pemeliharaan kemananan dan ketertiban masyarakat (Harkambtibmas) akan terus ditingkatkan.

Menyusul, melihat pengalaman tiap tahun, momentum akhir tahun berpotensi memunculkan banyak tindak kejahatan. ’’Lebih-lebih awal tahun nanti ada gawe besar Pemilu 2019,’’ tegasnya.

Namun, terpelas dari itu, sesuai tugas dan fungsinya, petugas akan terus memaksimalkan kegiatan prevenif dan preentif. Sehingga sejumlah objek vital telah dipetakan jauh-jauh hari sebelumnya.

Baik di wilayah yang rawan terjadi tindak pidana curanmor, curat, curas, dan kejahatan konvensional lainnya. ’’Termasuk, rawan peredaran miras atau minuman beralkohol,’’ tegasnya.

Menurut Bambang, dari 14 kecamatan yang menjadi wilayah hukumnya sejauh ini masih menjamur peredaran miras. Mulai dari kafe hingga warung remang-remang yang sudah sering dilakukan razia.

Dia menegaskan, beberapa minggu ke depan, razia penyakit masyarakat (pekat) itu akan getol dilakukan, seiring dengan operasi bersandi Lilin Semeru 2018. ’’Salah satunya juga merazia peredaran miras di warung remang-remang,’’ tegasnya.

Rinciannya, sejumlah kafe di wilayah Pungging, Kecamatan Mojosari. Sementara untuk di warung, dia mengklaim sederet warung yang ada di wilayah Trawas, Pacet, Gondang, dan Dlanggu.

Terbukti, belakangan ini petugas sudah berhasil mengamankan ratusan botol miras di wilayah Puri. Miras kemasan botol 1,5 liter tersebut berhasil diamankan di salah satu rumah milik warga.

’’Detailnya, sekarang masih kita kembangkan,’’ pungkasnya. Selain itu, operasi sekala besar, juga rutin dilakukan setiap malam Minggu.

Operasi gabungan yang melibatkan dinas perhubungan (dishub), unsur TNI, dan satpol PP ini merupakan kegiatan cipta kondisi (cipkon) ini sekaligus menakan angka kejahatan jalanan. Serta menutup gerak aksi kejahatan.

(mj/ori/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia