Minggu, 16 Dec 2018
radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Telusuri Penyebab Bau Bensin, Polres Lakukan Pengeboran Sumur

20 November 2018, 01: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Tanah di dekat sumur milik Ahmad Khoirudin di Desa Tunggalpager, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, dilakukan pengeboran.

Tanah di dekat sumur milik Ahmad Khoirudin di Desa Tunggalpager, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, dilakukan pengeboran. (Abe Arsyad Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Penelusuran penyebab bau bensin di sumur warga Dusun Panjer, Desa Tunggalpager, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto terus berlanjut.

Kali ini polisi melakukan pengeboran di dekat sumber air milik Ahmad Khoirudin. Hal itu bertujuan melihat apakah air hasil pengeboran juga mengalami hal yang sama dengan air sumur.

Beberapa waktu lalu hasil uji laboratorium Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur terhadap sumur warga Pungging menyebutkan bahwa air di sumur tersebut positif tercampur premium dan pertamax.

Selain itu, dari pihak ESDM menyatakan bahwa tidak ada sumber minyak bumi di daerah tersebut. ’’Memang yang ada di sumur itu bukan bersumber dari minyak mentah. Tapi memang dari premium atau pertamax,’’ jelas Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP M. Solikhin Fery.

Sehingga, masih ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Yaitu, premium atau pertamax itu bisa dari bawah atau dari atas. Jika dari bawah, berasal dari rembesan tanah. Sedangkan, jika dari atas, premium dan pertamax dituang.

’’Rembesan itu bisa dari SPBU atau dari segala sumber lain yang merembes hingga sampai ke sumur. Atau, bisa juga dituang dari atas sumur,’’ jelasnya.

Untuk penelusuran penyebab selanjutnya, polisi kali ini melakukan upaya pengeboran di sekitar sumber air, Rabu (14/11). ’’Hal itu bertujuan melihat apakah ada indikasi campuran premium dan pertamax dalam hasil pengeboran,’’ katanya.

Usai pengeboran, airnya dilakukan uji laboratorium. Langkah tersebut untuk untuk memastikan kandungan air. ’’Semoga lekas segara ada titik temu,’’ harapnya. (sad)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia