Minggu, 16 Dec 2018
radarmojokerto
icon featured
Features
Azzam Nur Mu’jizat, Difabel Bersuara Emas

Idolakan Ustad Jefri, Penyuka Film-Film Perang

09 November 2018, 20: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Azzam Nur Mu’jizat didampingi Sholikhatin mendengarkan lagu Ustad Jefri di YouTube.

Azzam Nur Mu’jizat didampingi Sholikhatin mendengarkan lagu Ustad Jefri di YouTube. (Muh. Ramli)

Semua manusia memilki kekurangan dan kelebihan. Pun dengan Azzam Nur Mu’jizat, warga Dusun Jatikumpul, Desa Mojokumpul, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto.

Dengan kondisinya yang tidak bisa melihat, bocah berusia 7 tahun itu mempunyai suara emas. Bahkan, kini sedang viral di media sosial (medsos).

PAGI menjelang siang. Jarum jam menunjuk angka 10.00. Kemarin, matahari bersembunyi di balik awan hitam. Di salah satu rumah di Dusun Jatikumpul, Desa Mojokumpul, Kecamatan Kemlagi, nampak seorang anak duduk santai.

Di atas sofa. Tangannya sibuk memainkan smartphone. Azzam, demikian bocah itu akrab dipanggil. Anak kedua pasangan Sholikhatin Monawaroh, 34, dan Jumain, 39, itu berkebutuhan khusus. Sejak lahir tidak bisa melihat keindahan bunga serta isi dunia. Karena sejak dilahirkan tidak dikaruniai mata.

Tapi, Tuhan Maha Adil. Dia tidak pernah meninggalkan dan menciptakan hambanya cuma-cuma. Setiap kekurangan juga pasti ada kelebihan. Begitu juga dengan Azzam. Dia memang tidak bisa melihat dari kecil.

Namun, dia memiliki suara merdu yang bisa menghipnotis pendengarnya. Siswa kelas 1 SLB Kemlagi itu selalu menyabet juara lomba bernyanyi.

’’Pertama itu juara lomba di Kecamatan. Terus ikut lagi lomba di Sunrise Mall Kota Mojokerto kemarin juga juara. Bulan ini katanya akan ikut lomba. Itu perwakilan dari Kabupaten Mojokerto, belum tau di mana,’’ papar Sholikhatin, ibu tercinta Azzam, kemarin.

Tidak hanya itu, baru-baru ini Azzam juga membuat warganet terhipnotis dengan klip video pertamanya. Membawakan lagu berjudul Ibu.

Ibu ceritakan padaku

Tentang indahnya bunga

Ibu ceritakan padaku

Tentang isi dunia

Demikian penggalan lagu yang kini sedang viral tersebut. ’’Iya itu kemarin ada salah satu grup Nirwana yang menawarkan Azzam untuk bikin video dan lagunya dari mereka,’’ ungkapnya sembari memeluk anak tercintanya.

Kini, videonya beredar di YouTube yang berdurasi 6.18 menit. Video itu penuh komentar sanjungan karena suara emasnya. Dan telah ditonton 20 ribu orang. ’’Semoga saja nanti bisa jadi penyanyi terkenal sungguhan,’’ harapnya.

Sholikhatin sangat bangga dengan anaknya tersebut. Dari Azzam sejak di kandungan, dia merasakan hal yang aneh. Merasa tidak terbebani seperti orang mengandung pada umumnya. Tidak hanya itu, meskipun kerap ada orang yang mencibir, Sholikhatin tidak pernah malu.

’’Azzam juga pernah ditanyakan oleh teman-temannya, ke mana mata dia kok tidak ada, Azzam menjawab dengan santainya, kalau dia memiliki tiga mata. Yang satunya adalah hatinya sendiri. Dan tak pernah marah,’’ ungkap perempuan yang sehari-hari menjadi ibu rumah tangga itu.

Kali pertama mengetahui anaknya bersuara merdu kala Azzam mendengarkan YouTube. Azzam juga paling demen mendengarkan tausiah dan lagu-lagu Almarhum Ustad Jefri Al Buchori (Uje).

’’Sampai sekarang dia mengidolakan suara Uje. Dan katanya, Azzam punya keinginan pengen ke makam Uje,’’ lanjutnya. Akhirnya, dari sering diberikan tontonan YouTobe tersebut, Azzam tidak hanya mendengar lagu-lagu dan tausiah Uje.

Namun juga belajar bahasa Jepang, menghafal ayat-ayat Alquran dan mendengarkan film-film perang. Ketika ditemui di rumahnya, Azzam menghitung jari tangannya dengan bahasa Jepang. ’’Dia katanya suka sekali bahasa Jepang. Tidak tahu kenapa. Dan sekarang juga sudah hampir hafal Juz Amma,’’ terang ibunya.

Di balik suara merdu dan seabrek kelebihannya, dia punya cita-cita yang sangat mulia. Ingin menjadi panglima perang menumpas segala kejahatan. ’’Aku ingin menumpaskan manusia-manusia yang jahat di bumi,’’ ujar Azzam. (ras)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia