Senin, 21 Oct 2019
radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Ini Gambar Emak-Emak Mencuri Minyak Goreng di Toko Sembako

19 Oktober 2018, 23: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Pelaku terekam CCTV saat mencuri minyak goreng di toko sembako di Desa Sidoharjo, Kec. Gedeg, Kab. Mojokerto.

Pelaku terekam CCTV saat mencuri minyak goreng di toko sembako di Desa Sidoharjo, Kec. Gedeg, Kab. Mojokerto. (Khudori Aliandu/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Aksi pencurian diduga dilakukan emak-emak terekam closed circuit television (CCTV) terjadi di toko sembako di Dusun/Desa Sidoharjo, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

Setidaknya, satu karton berisi 12 bungkus minyak goreng kemasan 1 liter di toko Hikmah 2 milik Bachtiar Fatoni amblas. Kejadian ini bukanlah kali pertama. Disebut-sebut, pencuri sudah menyatroni toko tersebut selama enam kali.

’’Sudah sering saya laporkan polisi, tapi hasilnya nihil,’’ sesal Bachtiar Fatoni sembari menunjukkan rekaman CCTV di toko miliknya kemarin. Tak urung, pada pencurian keenam ini, dia memilih untuk tidak melapor polisi.

Dia memilih mengunggah rekaman CCTV pencurian tersebut ke media sosial (medsos) melalui akun facebook-nya. ’’ Dari enam kejadian ini, kerugian kalau ditotal hampir Rp 30 juta,’’ tambahnya.

Terakhir, peristiwa ini terjadi dalam minggu ini. Satu dus minyak goreng berisi 12 bungkus kemasan satu literan seharga Rp 150 ribu amblas. Pencurian ini kali keenam ini diketahuinya saat dirinya melihat jumlah kardus minyak goreng berkurang dari tiga menjadi dua kardus.

Karena penasaran, perlahan dia melihat rekaman kamera pengintai yang dipasang di sekitar toko. ’’Ternyata benar. Setelah saya perhatikan minyak saya ada yang mencuri,’’ tuturnya.

Dari rekaman kamera CCTV tersebut, terlihat emak-emak berpakaian warna biru muda masuk dalam gudang. Tanpa pikir panjang, pelaku lantas mengambil satu karton isi minyak goreng. Aksinya pun dianggap berani. Selain beraksi seorang diri di siang bolong, gesturnya menunjukkan sangat tenang.

Dia tidak takut tertangkap basah meski toko dalam kondisi ramai pembeli yang berbelanja. Pihaknya menduga pelaku yang datang menggunakan sepeda motor Yamaha Mio warna hijau itu tak lain adalah pelanggannya sendiri. Dugaan itu setelah aksinya cukup cerdik dan tahu kelengahannya.

Selain itu, setelah diamati, dirinya juga melihat wajah pelaku tak asing. ’’Kelihatannya memang pelanggan saya. Beberapa kali dia ke sini, tapi tidak sering,’’ tegasnya. ’’Usianya sekitar 40 tahun,’’ imbuhnya.

(mj/ori/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia