Rabu, 19 Dec 2018
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Dua Jamaah Tak Bisa Pulang Bareng Rombongan

22 September 2018, 14: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Suasana jamaah haji saat melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi, Madinah.

Suasana jamaah haji saat melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi, Madinah. (dr Fanny Ardie for Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Jamaah haji Kabupaten Mojokerto telah menuntaskan seluruh rangkaian ibadah rukun Islam kelima di Tanah Suci.

Jumat (21/9) mereka telah merampungkan Arbain di Kota Madinah. Dan hari ini, mereka dijadwalkan bertolak untuk kembali pulang ke Tanah Air.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Mojokerto Mukti Ali mengungkapkan, jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 75, 76, dan 77 embarkasi Surabaya (SUB) telah berada di Madinah sejak Kamis (13/9) lalu.

Selama delapan hari, mereka telah menggenapkan melaksanakan 40 waktu salat Arbain. ”Setelah selesai Arbain, jamaah langsung bersiap untuk kepulangan,” terangnya. Menurut Mukti, batas akhir waktu salat Arbain berbeda untuk masing-masing kloter.

Perhitungan tersebut disesuaikan dengan bayan tarkhil atau kesepakatan memenuhi masa tinggal yang disetujui setiap ketua kloter saat awal kedatangan di Kota Madinah. Mulai hari ini, masing-masing jamaah telah mengemas barang-barang dan secara bergiliran check out dari hotel.

”Delapan jam sebelum jadwal kepulangan, jamaah sudah harus bersiap. Karena prosesnya nanti cukup panjang,” ujarnya. Dia menyebutkan, gelombang kepulangan jamaah akan diawali dari kloter 75 yang telah menuntaskan Arbain pada waktu salat Asar kemarin (21/9) WAS.

Sebanyak 448 jamaah plus petugas kloter diperkirakan akan mulai terbang dari Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah pagi ini. Kemudian disusul 448 jamaah dari kloter 76 dan 450 jamaah dari kloter 77.

”Kepulangan sesuai dengan jadwal penerbangan,” tandasnya. Jika tidak ada perubahan jam terbang, kloter 75 akan mendarat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, pada Sabtu (22/9) sekitar pukul 19.15 dan tiba di Pendapa Pemkab Mojokerto pada 23.15 malam ini.

Setelah itu, diikuti kloter 76 yang dijadwalkan tiba di bandara pada Minggu (23/9) pukul 01.55 dini hari atau tiba di Mojokerto pada pukul 05.55. Kemudian disusul kloter 77 yang tiba pada pukul 14.45 dan sampai di pendapa empat jam setelahnya sekitar pukul 18.45.

Sementara itu, dari total 1.333 jamaah haji asal kabupaten, masih ada dua jamaah haji dari kloter 76 yang diragukan pulang bersama rombongan. Mengingat, keduanya masih menjalani rawat inap di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

Jamaah tersebut adalah Sampini, 76, asal Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo yang dirawat di RSAS An Noor, Makkah dan Mochammad Asik, 62, asal Desa Terusan, Kecamatan Gedeg yang menjalani perawatan di RSAS King Abdul Aziz, Makkah.

Tim Kesehatan Jamaah Haji (TKHI) kloter 76 dr Fanny Ardie mengungkapkan, kedua jamaah yang sakit tersebut telah dirawat di RSAS sejak berada di Makkah. Sehingga keduanya tidak dapat bergabung dengan rombongan untuk bertolak ke Madinah guna menjalankan Arbain.

”Tapi, kondisinya sudah mulai membaik. Pasien yang sebelumnya dirawat di ruangan intensif, sekarang sudah dirawat di ruangan biasa,” terangnya. Atas kondisi kesehatan tersebut, kedua jamaah telah didaftarkan tanazul atau memisahkan diri dari kloter untuk jadwal kepulangan.

Meski demikian, jika pada jadwal kepulangan hari ini kondisinya sudah kembali stabil, maka tidak menutup kemungkinan kedua jamaah bisa pulang bersama rombongan. ”Tapi, jika tidak memungkinkan, jadwal kepulangan akan menyesuaikan perkembangan kondisi terakhirnya seperti apa nanti,” tandasnya.

Dia menambahkan, pendaftaran tanazul tersebut telah disepakati dan ditandatangani antara pihak kluarga, ketua kloter, pembimbing ibadah serta dokter kloter. Kemudian nanti akan disetujui oleh disetujui oleh pihak Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Sesuai jadwal, pelaksanaan Arbain di kloter 76 akan berakhir pada salat Isya. Dan pagi tadi, koper-koper jamaah telah dilakukan penimbangan untuk kemudian diangkut terlebih dulu menuju bandara. ”Besok (hari ini, Red) sudah persiapan untuk pulang pukul 05.00 WAS,” pungkasnya. 

(mj/ram/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia