Sabtu, 17 Nov 2018
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Ribuan PNS Mojokerto Dapat Tambahan Penghasilan, Ini Nilainya

Kamis, 30 Aug 2018 11:00 | editor : Mochamad Chariris

Ist/ilustrasi

Ist/ilustrasi (jawapos.com)

MOJOKERTO – Pemerintah Kabupaten Mojokerto mulai memberlakukan Tambahan Tunjangan Pegawai (TPP). Ribuan pegawai dipastikan sudah bisa menikmati tambahan penghasilan itu pada Perubahan APBD (P-APBD) 2018.

Tidak harus menunggu tahun depan. Namun, besarannya masih separo dari perhitungan tahun 2019. Anggaran yang sudah terposting dalam draf P-APBD 2018 itu senilai Rp 10 miliar.

’’Masuk di pos anggaran belanja pegawai,’’ terang Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ismail Pribadi, Selasa (29/8). Dikatakan Ismail, pemberian TPP yang dilakukan lebih cepat ini, memang tak sebesar tahun 2019 nanti. ’’Ini masih pancingan’’. Tetapi, kami berharap, pegawai menjalankan pekerjaannya lebih maksimal,’’ ungkap dia.

Pemberian TPP yang akan dicairkan nantinya, ungkap politisi PDI Perjuangan ini, mampu meningkatkan kinerja pegawai. Dewan berharap, tak lagi menemukan pegawai yang bermalas-malasan saat menjalankan tugasnya.

Sementara itu, Asisten I Setdakab Mojokerto Mustain melalui Kabag Humas dan Protokol, Alfiyah Ernawati, mengatakan, anggaran sebesar Rp 10 miliar tersebut memang hanya separo dari kebutuhan TPP sebenarnya. Dengan perhitungan Rp 2.000 per poin. ’’Rp 10 miliar itu untuk tiga bulan. Jadi, kalau dihitung, per poin hanya Rp 1.000,’’ jelasnya.

Menurutnya, TPP bisa diterima ASN di Kabupaten Mojokerto secara utuh tahun 2019 nanti. Dan anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 75 miliar. ’’Kalau sekarang, masih setengahnya saja,’’ tambah Mustain.

Alokasi anggaran TPP di Kabupaten Mojokerto tahun 2019 nanti sudah disahkan dalam pembahasan KUA-PPAS beberapa waktu lalu. Disepakati, TPP bagi ASN sebesar Rp 2.000 per poin. Besaran ini jauh lebih kecil dibanding Pemkot Mojokerto yang mencapai Rp 3.600 per poin.

Perlu diketahui, pembahasan TPP di Kabupaten Mojokerto sempat alot. Tim anggaran sempat memunculkan empat opsi. Pertama, nilai per poin Rp 2.000, Rp 2.500, Rp 3.000 dan Rp 5.000.

Namun, dalam pembahasan lanjutan, akhirnya disepakati besaran TPP ASN tahun 2019 senilai Rp 2 ribu per poin. Dengan keputusan ini, pemda akan mengeluarkan dana sebesar Rp 75 miliar yang akan dinikmati 4.610 ASN di lingkup pemda.

Dengan besaran ini, TPP terbesar diraih Sekdakab Mojokerto. Dengan nilai jabatan sebesar 3.600, maka jabatan sekda per bulan akan menerima Rp 7,2 juta.

Sementara, setingkat asisten sebesar Rp 6 juta, staf ahli Rp 4,7 juta, kepala dinas/badan/sekwan dan inspektorat senilai Rp 5,8 juta. TPP terendah akan diterima jabatan fungsional tingkat terampil sebesar Rp 1,1 juta.

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia