Rabu, 19 Sep 2018
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Siswa MI: Saya Nyumbang Rp 4 Ribu Biar Korban Bisa Membeli Barang

Selasa, 07 Aug 2018 15:39 | editor : Mochamad Chariris

Siswa MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto saat menggalang dana Bencana Alam Lombok NTB.

Siswa MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto saat menggalang dana Bencana Alam Lombok NTB. (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Bencana gempa bumi berkekuatan hingga 7 skala ritcher (SR) yang mengguncang kawasan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali, Minggu (5/8) cukup menggugah rasa empati mayarakat luas.

Demi meringankan beban penderitaan para korban, sejumlah pelajar dan santri juga berinisiatif membantu dengan menyisihkan uang saku mereka untuk disumbangkan. Selasa (7/8) pagi tadi, ratusan siswa dan santri MI Nurul Huda 2 Surodinawan Kota Mojokerto bergerak membuka donasi bantuan seikhlasnya. 

Menggunakan kardus bekas minuman, mereka berhasil mengumpulkan donasi hingga mencapai Rp 1,2 juta. "Tadi saya nyumbang Rp 4 ribu. Saya menyumbang supaya korban di sana (NTB, Red) bisa membeli barang-barang kebutuhan untuk hidup,'' ujar Salwa Rahmatul Ilwasyam, salah satu siswa kelas IV MI Nurul Huda 2. 

Salwa tidak sendiri. Ada banyak ratusan siswa lainnya turut menyisihkan uang sakunya demi membantu meringankan beban korban. Meski nominal donasi tidak seberapa besar, namun kegiatan itu cukup menggugah nilai-nilai kemanusiaan.

Di mana, siswa dan santri akan terbiasa dan terlatih untuk peduli terhadap sesamanya, terutama kepada yang tertimpa musibah. ''Sumbangan ini untuk menanamkan nilai dan karakter anak agar lebih peduli," ujar Misbakhul Umam, kepala sekolah MI Nurul Huda. Mereka juga turut mendoakan para korban yang meninggal dunia dengan menggelar salat Gaib. 

(mj/far/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia